Siswa Komcad Matra Laut Ikuti Latsarmil di Kodikmar

Pembukaan secara resmi Latsarmil i lapangan Kesatrian EWA Pangalila, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), Gunungsari
Pembukaan secara resmi Latsarmil i lapangan Kesatrian EWA Pangalila, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), Gunungsari

Gemapos.ID (Jakarta) - Diikuti oleh 487 siswa, latihan dasar kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut secara resmi telah dibuka oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han), di lapangan Kesatrian EWA Pangalila, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), Gunungsari, hari ini (30/05/2022).

Diketahui, 487 siswa tersebut bersumber dari rekrutmen ASN Kemhan/TNI/Pemda/ Instansi lain, perguruan tinggi negeri/swasta, pegawai BUMN/BUMS/swasta, maupun warga negara (umum).

Sementara itu, saat menyampaikan amanatnya, Komandan Kodiklatal mengatakan bahwa salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan oleh Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan stategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

“yang melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam menanggulangi ancaman” katanya.

Kemudian, Komandan Kodiklatal menambahkan bahwa kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa. 

Untuk itu, komponen cadangan sebagai pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini.

“sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter” lanjutnya.(tni/ra)