Berikut Sebaran CPNS Lulus Tes Mundur di Sejumlah Kementerian dan Lembaga

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan sebanyak 105 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus tes seleksi penerimaan tahun 2021.
Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan sebanyak 105 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus tes seleksi penerimaan tahun 2021.

Gemapos.ID (Jakarta) - adan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan sebanyak 105 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus tes seleksi penerimaan tahun 2021.

Dari jumlah ini sebanyak 11 orang untuk penempatan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) atau terbanyak dibandingkan instansi lain. 

Instansi yang terdapat CPNS mengundurkan diri bisa mengajukan kembali formasi kosong itu pada penerimaan CPNS tahun 2022.

"Instansi harus mengajukan lagi untuk penerimaan CPNS berikutnya atau diajukan untuk diisi oleh formasi PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja)," kata Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama pada Kamis (26/5/2022). 

CPNS juga mengundurkan diri dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) sebanyak satu orang dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebanyak satu orang.

Kemudian, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebanyak dua orang dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak dua orang/

Berikutnya, Badan Intelijen Negara (BIN) sebanyak satu orang dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebanyak satu orang 

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil menyebutkan pelamar yang sudah dinyatakan lulus tetapi mengundurkan diri, maka Pejabat Pembina Kepegawaian harus mengumumkan pembatalan kelulusan yang bersangkutan.

Selanjutnya, PPK mengusulkan penggantian pelamar kepada ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk mendapatkan pengganti. 

Ketua Panselnas dapat memberikan usulan pengganti dari pelamar dengan peringkat tertinggi, yang urutannya berada di bawah pelamar yang mengundurkan diri. (ant/din)