1 dari 4 Begal di Bekasi Masih Anak-Anak Sebagai Aktor Intelektual

Polda Metro Jaya mengungkapkan sebanyak empat pelaku pencurian dibarengi kekerasan dengan senjata tajam (sajam) yang beraksi di Bekasi, Jawa Barat (Jabar) diringkus kepolisian.
Polda Metro Jaya mengungkapkan sebanyak empat pelaku pencurian dibarengi kekerasan dengan senjata tajam (sajam) yang beraksi di Bekasi, Jawa Barat (Jabar) diringkus kepolisian.

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) mengungkapkan sebanyak empat pelaku pencurian dibarengi kekerasan dengan senjata tajam (sajam) yang beraksi di Bekasi, Jawa Barat (Jabar) diringkus kepolisian. 

"Para pelaku berinisial DAR (21), AP (21), DA (21), dan A yang masih di bawah umur. Satu pelaku yang tidak kita tampilkan inisial A ini merupakan anak di bawah umur. Perannya dia yang memiliki ide atau niat untuk merencanakan pencurian dengan kekerasan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulp pada Rabu (25/5/2022). 

Para pelaku melakukan aksi pembegalan kepada seorang korban berinisial M di Kabupaten Bekasi pada Sabtu (21/5/2022) sekitar pukul 5.00 WIB dengan seorang yang menjadi korban berinisial M.

A tidak hanya sebagai aktor intelektual, tapi sebagai eksekutor yang mencabut kunci motor dengan mengancam korbannya  memakai senjata tajam. 

Pelaku ini yang mengambil dengan mencabut kunci kontak sepeda motor korban, serta mengancam korban dengan celurit.

"Pelaku inisial DA, DAR dan AP, telah melakukan pembegalan dengan senjata tajam masing-masing empat hingga enam kali," ucapnya.

Endra Zulpan mengemukakan sindikat kejahatan memilih korbannya secara acak tanpa melihat umur dan kendaraannya. 

Para sindikat kejahatan juga tidak akan segan melakukan kekerasan kepada korbannya dengan senjata tajam yang telah disiapkan apabila ada korban melakukan perlawanan. Dari kejahatan ini telah ditetapkan statusnya sebagai tersangka.

"Para tersangka dipersangkakan dengan Pasal 365 KUHAP Tentang Pencurian dan Kekerasan dengan ancaman kurungan 9 tahun penjara," tuturnya. (ant/mau)