Sikap PKB atas Koalisi 3 Partai Pimpinan Partai Golkar

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum memutuskan sikap berkoalisi dengan partai politik (parpol) mana termasuk dengan koalisi parpol yang dipimpin Partai Golongan Karya (Golkar)
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum memutuskan sikap berkoalisi dengan partai politik (parpol) mana termasuk dengan koalisi parpol yang dipimpin Partai Golongan Karya (Golkar)

Gemapos.ID (Jakarta) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum memutuskan sikap berkoalisi dengan partai politik (parpol) mana termasuk dengan koalisi parpol yang dipimpin Partai Golongan Karya (Golkar) yang beranggotakan Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

"Gus Muhaimin sudah berkomunikasi dengan Pak Airlangga dan juga dengan parpol lain. Akan tetapi, untuk tiga parpol yang berkumpul, PKB belum memastikan sikapnya apakah bareng-bareng atau nanti membangun koalisi yang lain," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PKB Jazilul Fawaid pada Minggu (15/5/2022). 

Namun, PKB mengapresiasi pertemuan ketiga pimpinan parpol tersebut lantaran ini bagian dari mencari berbagai alternatif pilihan untuk masyarakat.

Dari hal ini koalisi parpol bisa menyusun calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusungnya pada Pemilu 2024. Jadi, masyarakat dapat memberikan penilaian atas pasangan tersebut. 

Apalagi, Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan parpol memiliki kedaulatan untuk menentukan pasangan capres dan cawapresnya yang akan diusungnya sendiri atau gabungan parpol sepanjang penuhi syarat undang-undang itu.

PKB mengaku Muhaimin Iskandar yang merupakan ketua umum (ketum) parpol ini akan diusungnya sebagai capres pada Pemilu 2024.

Jazilul Fawaid berharap dari pertemuan Partai Golkar, PPP, dan PAN tercipta tiga pasangan capres dan cawapres pada Pemilu 2024. 

"PKB berharap pada Pilpres 2024 jangan dua pasangan, minimal tiga pasangan. Dengan adanya pertemuan ini, saya melihat pada Pemilu 2024 akan ada tiga pasang calon," tuturnya. (ant/din)