KTT Khusus ASEAN-AS, Jokowi Serukan Hentikan Perang di Ukraina

Presiden Joko Widodo dalam KTT Khusus ASEAN-AS, Washington DC, Jumat (13/5/2022). (sumber: setpres)
Presiden Joko Widodo dalam KTT Khusus ASEAN-AS, Washington DC, Jumat (13/5/2022). (sumber: setpres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pada KTT Khusus ASEAN-AS yang digelar di Washington DC, Jumat (13/5/2022) waktu setempat, Presiden Joko Widodo menyerukan untuk menghentikan perang di Ukraina sekarang juga.

Menurut Jokowi, perang di Ukraina telah menciptakan tragedi kemanusiaan dan memperburuk perekonomian dunia. 

“Kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi telah terjadi, sangat memperberat perekonomian dan memperlambat pencapaian SDGs di negara berkembang dan kurang berkembang,” kata Presiden.

Saat inu, menurut Presiden dunia seharusnya fokus untuk segera pulih dari pandemi Covid-19, tetapi dunia justru menghadapi masalah baru, yaitu perang di Ukraina. 

“Saat dunia membutuhkan kerja sama dan kolaborasi, justru rivalitas dan konfrontasi makin menajam. Saat dunia membutuhkan multilateralisme yang makin kokoh justru unilateralisme yang makin mengemuka,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, menurutnya perang di Ukraina telah melemahkan multilateralisme dan berpotensi memecah belah hubungan antar negara.

“Perang tidak akan menguntungkan siapa pun. Dunia tidak memiliki pilihan lain kecuali menghentikan perang sekarang juga,” tegasnya. 

“Setiap negara, setiap pemimpin memiliki tanggung jawab untuk menciptakan enabling environment agar perang dapat dihentikan, perdamaian dapat terwujud,” imbuh Presiden. (rk)