Tak Disambut Saat Datang, Jokowi Diajak Toast Biden di Gedung Putih

Presiden Jokowi disambut Presiden AS Joe Biden saat menghadiri jamuan santap malam di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/5/2022). (sumber: setkab)
Presiden Jokowi disambut Presiden AS Joe Biden saat menghadiri jamuan santap malam di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/5/2022). (sumber: setkab)

Gemapos.ID (Jakarta) - Setelah kedatangan Presiden Jokowi di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Selasa (10/5/2022) malam waktu setempat lalu tanpa sambutan berarti, kini Jokowi dajak toast oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.   

Toast itu kala Jokowi menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/5/2022) malam waktu setempat atau Jumat (13/5/2022) pagi WIB.

Sebelum jamuan makan malam, dari awal kedatangan Presiden Jokowi langsung disambut oleh Presiden Biden lalu berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Jamuan santap malam dimulai setelah Presiden Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional.

Dalam jamuan santap malam tersebut, Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. 

Dalam pengantar toast-nya, Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan. Presiden juga menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. 

Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi. Menurut Jokowi, ditengan ketidak pastian situasi dunia saat ini, pola itu dinilai sangat penting.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ujar Presiden Jokowi.

Sekitar pukul 20.00 WS, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. (rk)