Berharap Hepatitis Akut Tak Jadi Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (sumber foto: twitter @Don_dasco)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (sumber foto: twitter @Don_dasco)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap penyakit Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) tidak menjadi pandemi seperti Covid-19. 

Untuk itu, pihaknya meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serius mencari solusi penanganan penyakit tersebut di tanah air. 

“Mudah-mudahan soal hepatitis ini tidak seperti Covid yang kemudian menjalar menjadi pandemi, dan kita minta kepada kemenkes dalam hal ini untuk lebih serius menangani masalah ini," kata Dasco dalam keterangannya diterima, Kamis (12/5/2022).

Belajar dari pengalaman, Politisi Partai Gerindra ini menyebut jika penyakit misterius itu tidak segera dideteksi dan diantisipasi takutnya akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan. 

Dasco juga akan meminta Komisi IX DPR RI berkoordinasi dengan Kemenkes dalam penanganan kasus hepatitis misterius itu.  

“DPR akan segera masuk masa sidang, kita akan segera minta Komisi IX DPR koordinasi dengan mitranya itu, Kemenkes untuk mencari tahu sebab-sebab hal yang menimbulkan hepatitis ini,” kata Dasco.

Sementara itu, Kemenkes saat ini telah berkoordinasi dengan WHO dan beberapa negara di Eropa untuk mencari tahu penyebab penyakit misterius tersebut. 

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan, salah satunya dengan menjaga kebersihan diri. 

Penyakit hepatitis akut yang tengah melanda dunia diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia diduga akibat terinfeksi penyakit misterius ini beberapa waktu lalu. (rk)