Megawati Wakili Jokowi Ucapkan Selamat ke Presiden Korea Selatan

Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri di gandeng Presiden Korea Selatan Yoon Suk Seol saat melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Korea di Kota Seoul, pada Rabu (11/5/2022) pagi waktu setempat.
Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri di gandeng Presiden Korea Selatan Yoon Suk Seol saat melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Korea di Kota Seoul, pada Rabu (11/5/2022) pagi waktu setempat.

Gemapos.ID (Jakarta) - Dalam pertemuannya dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Seol, di Istana Kepresidenan Korea, Kota Seoul, Rabu (11/5/2022) pagi waktu setempat, Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat mewakili Presiden RI Joko Widodo.

 

“Pada kesempatan yang sangat baik ini saya pribadi dan keluarga, dan atas nama Presiden Joko Widodo, sekali lagi ingin menyampaikan selamat atas menjadi presiden ke 20 Korea Selatan,” kata Megawati.

Ucapan Megawati itu langsung dibalas oleh Peesiden Yoon. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo,” katanya.

Megawati hadir di Istana Kepresidenan Korsel setelah pada Selasa (10/5/2022) kemarin, mengikuti prosesi pelantikan Yoon Suk Yeol sebagai presiden yang baru menggantikan Moon Jae In.

Sejak sekitar pukul 9.45 pagi tadi waktu setempat, Megawati sampai di kompleks istana kepresidenan Korea Selatan di Seoul.

Megawati pun ditemui oleh Presiden Yoon, yang kemudian menemaninya mengisi buku tamu dan setelahnya menuju ruang pertemuan.

Saat pertemuan, Megawati bercerita bahwa dirinya ke Korsel atas seijin Presiden Jokowi.

“Dan beliau menyampaikan secara pribadi, menyampaikan salam hormat saya dan tolong sampaikan undangan pada suatu saat nanti (Presiden Korea Selatan, red) dapat berkunjung ke Indonesia,” kata Megawati.

Merespons hal itu, Presiden Yoon kembali menyampaikan ungkapan terima kasihnya untuk Jokowi.

“Saya sangat berterima kasih dan mohon sampaikan rasa terima kasih saya kepada pak presiden,” kata Presiden Yoon.

Dalam pertemuan itu, Megawati didampingi oleh Dubes RI di Korsel Gandi Sulistyanto, Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan Olly Dondokambey, Ketua DPP PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri, dan Direktur Hubungan Luar Negeri DPP PDI Perjuangan Hanjaya Setiawan.

Usai pertemuan, Presiden Yoon mengantar Megawati hingga ke dalam mobil untuk menuju lokasi penganugerahan gelar Profesor Kehormatan di bidang demokrasi, perdamaian, lingkungan dan budaya dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan. (rk)