Kalahkan Peringkat 1 Dunia di Uber Cup 2022, Siapa Bilqis Prasista?

Bilqis Prasista. (sumber foto: twitter @FaktaSepakbola)
Bilqis Prasista. (sumber foto: twitter @FaktaSepakbola)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista menang dua set tanpa balas atas lawannya Akane Yamaguchi asal Jepang dalam Uber Cup 2022 di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5/2022).

Kemenangan Bilqis yang berhasil menumbangkan peringkat 1 dunia sementara dirinya masih dalam unggulan ke-333 itu merupakan prestasi luar biasa bagi perbulutangkisan Indonesia.

Publik indonesia pun di hebohkan dengan prestasi gemilang gadis berusia 19 tahun itu. Pasalnya, sebelum pertandingan berlangsung, banyak spekulasi yang tidak mengunggulkan Bilqis.

Lalu siapakah Bilqis Prasista?

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Ya, mungkin itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan sosok gadis berdarah Jawa kelahiran Magelang, 24 Mei 2003 itu.

Bagaimana tidak, Bilqis merupakan anak dari pasangan legenda bulutangkis Indonesia, Joko Supriyanto dan Zelin Resiana.

Siapa yang tidak mengenal nama besar mereka di perbulutangkisan Indonesia.

Ayah Bilqis, Joko Supriyanto merupakan mantan pemain pelatnas di era 90-an. Joko Supriyanto merupakan pemain tunggal putra Indonesia dan pernah menjadi juara dunia 1993.

Sementara ibunya, Zelin Resiana juga tidak kalah menterang prestasinya. Aktif di era yang hampir sama dengan ayahnya, Zelin masuk dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Dari pasangan legenda bulutangkis itu juga ternyata Bilqis Prasista mempunyai suadara kembar bernama Bilqis Pratista.

Keduanya, mengikuti jejak orang tuanya yang bermain bulu tangkis dan masuk klub PB Djarum pada 2018. Namun baru Bilqis Prasista yang berhasil menembus pelatnas PBSI.

Sejak, Bilqis bergabung dengan PBSI pada 2020, Ia mampu menyabet berbagai gelar bergengsi diantaranya:

Juara di Jakarta Junior International Series 2019 (U17); Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019; Juara di Bangladesh Junior International Series 2021; Runner up Denmark Junior.

Prestasi terbaru Bilqis yakni menjadi bagian tim Indonesia yang menjuarai ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022.

Saat ini, Bilqis juga menjadi bagian dari tim Indonesia di ajang Thomas dan Uber Cup 2022 di Thailand. 

Dalam tiga laga yang ia lakoni, Bilqis selalu berhasil menyumbang angka bagi Indonesia. Bahkan dirinya berhasil membungkam rangking 1 dunia di Uber Cup 2022 dengan skor 21-19, 21-19 . (rk)