Polda Jabar: Pemudik Jangan Terlalu Lama di Rest Area

Ilustrasi: petunjuk tempat istirahat atau rest area
Ilustrasi: petunjuk tempat istirahat atau rest area

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian Daerah Jawa Barat himbau para pemudik yang menggunakan jalan tol agar tidak terlalu lama di tempat istirahat atau rest area pada arus mudik Lebaran 2022 ini.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo, mengatakan karenaa tempat istirahat memiliki batas kapasitas tertentu, sehingga jika pemudik sudah ramai, maka akan menimbulkan kepadatan di tempat istirahat. 

"Memang kita imbau sebisa mungkin waktunya sesingkat mungkin, 30 menit lah," kata dia, di Bandung, Jawa Barat, hari ini (28/4/2022).

Kemudian ia mengatakan, pengunjung bisa menggunakan waktu istirahat yang singkat di tempat istirahat agar pemudik lainnya bisa menggunakan fasilitas tersebut juga untuk istirahat.

Meski demikian, polisi pun tetap mengimbau kepada para pemudik agar segera beristirahat jika merasa lelah atau ngantuk ketika dalam perjalanan.

"Memang tidak diberikan aturan terkait dengan waktunya, tapi diharapkan masyarakat bisa mengatur waktu sehemat mungkin," katanya.

Tak hanya tempat istirahat di jalan tol, ia mengatakan seluruh pos pengamanan kepolisian dalam Operasi Ketupat Lebaran 2022 yang berada di jalur arteri, bisa dijadikan tempat istirahat.

Salah satunya di Pos Terpadu Cileunyi yang berada tak jauh dari pintu keluar gerbang tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Di Pos pengamanan mudik tersebut, menyediakan sejumlah fasilitas, mulai dari tempat istirahat, makanan ringan gratis, hingga tempat bermain anak.(ant/ra)