Stasius Gambir Hari Ini Berangkatkan 15.900 Penumpang

Ilustrasi: Pemudik menggunakan kereta api
Ilustrasi: Pemudik menggunakan kereta api

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyampaikan sebanyak 15.900 penumpang akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta, pada sepanjang hari ini (28/4/2022).

"Jumlah tersebut mencapai 95 persen dari total tempat duduk yang tersedia yaitu 16.850 kursi," kata Eva di Jakarta, hari ini (28/4/2022).

Selain itu Eva mengatakan, berdasarkan data Stasiun Gambir untuk hari ini atau H-4 Lebaran, terdapat 35 kereta api yang beroperasi. Adapun dari jumlah tersebut delapan di antaranya merupakan KA tambahan.

Adapun KA tambahan tersebut diantaranya, Argo Muria Tambahan (Gambir-Semarang Tawang) pukul 00.25 WIB, KA Tambahan Gambir-Solo (Gambir-Solobalapan) pukul 00.45 WIB, Argo Dwipangga Tambahan (Gambir-Solobapalan) pukul 09.50 WIB, dan Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta) pukul 10.30 WIB.

Kemudian, KA Argo Sindoro Tambahan (Gambir-Semarang Tawang) pukul 13.05 WIB, Sembrani Tambahan (Gambir-Surabaya Pasarturi) pukul 21.15 WIB, Argo Lawu Tambahan (Gambir-Solobalapan) pukul 22.50 WIB, dan Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta) pukul 23.45 WIB.

Menurutnya, pemesanan tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, dan Jakarta Kota pada periode pra-Lebaran yaitu 22 April-1 Mei mencapai 312.200 atau 86 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 362.200.

Sementara itu, keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat yaitu 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei dengan relasi mayoritas tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

"Jumlahnya 161.200 tiket di Stasiun Gambir dan 200.900 tiket Pasar Senen," ujarnya.

Kemudian Eva juga menambahkan dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan sistem tiket KAI dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes COVID-19 pelanggan. 

Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding. Selain itu, untuk membantu pelanggan menerapkan protokol kesehatan, KAI membagikan healthy kit kepada pelanggan yang berisikan masker dan tisu basah secara gratis.

"Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh yaitu 100 persen," ujarnya.(ant/ra)