Mengapa DJ Una Tidak Kembalikan Uang dari DNA Pro?

Kuasa Hukum DJ Una, Yafet Rissy mengutarakan kliennya diperiksa sebagai saksi sekaligus korban dalam perkara dugaan penipuan investasi
Kuasa Hukum DJ Una, Yafet Rissy mengutarakan kliennya diperiksa sebagai saksi sekaligus korban dalam perkara dugaan penipuan investasi

Gemapos.ID (Jakarta) - Kuasa Hukum DJ Una, Yafet Rissy mengutarakan kliennya diperiksa sebagai saksi sekaligus korban dalam perkara dugaan penipuan investasi berkedok robot trading melalui aplikasi DNA Pro.

"Makanya agak lama (pemeriksaan), tadi kami diperiksa dengan 35 pertanyaan yang terbagi dalam 2 bagian utama. Pertama sebagai korban dan kedua sebagai saksi," katanya pada Senin (25/4/2022). 

DJ Una masuk Gedung Bareskrim Polri, Jakarta pada Senin, 26 April 2022 sekitar pukul 13.15 WIB dan keluar pukul 21.30 WIB yang dicecar 35 pertanyaan.Tindakan ini terbagi dalam dua bagian utama yaitu sebagai korban dan kedua sebagai saksi. 

Yafet Russy mengungkapkan DJ Una diperiksa guna menjelaskan hubungannya dengan DNA Pro. Kliennya mengungkapkan dia sebagai pengisi acara dan orang yang berinvestasi di aplikasi robot trading DNA Pro. 

Dari investasi yang dilakukan DJ Uua tidak bisa ditarik kembali, sejingga ini berakibat kerugian Rp900 juta.

DJ Una diminta mengisi tiga acara DNA Pro yakni di salah satu hotel di Surabaya pada Juli 2021. Kemudian, di salah satu hotel di Jakarta Pusat dan salah satu hotel di Bali pada Desember 2021.

"Kontrak satu kali perfome (tampil) kisaran waktu satu sampai dua jam," ujarnya.

Berapa besar bayaran yang diterima DJ Una saat tampil dalam acara DNA Pro tidak disebut Yafet Russy. Namun, dia hanya menyebutkan kliennya ikut menjadi korban penipuan investasi tersebut. 

DJ Una melakukan investasi DNA Pro diajak oleh seseorang bernama Hoki Irjana yang menjanjikan berbagai hadiah seperti mobil jenis CR-V dan Brio. Dia juga mengajak keluarga dan teman-temannya menjadi member. 

“Ternyata semua bohong, omong kosong, sampai Januari kemarin dana tidak bisa ditarik dan hadiah tidak pernah diterima Una bersama teman-teman dan keluarga," tuturnya.

Sementara itu pengembalian uang kepada DNA Pro oleh DJ Una tidak dibahas dalam pemeriksaan lantaran dia tidak menerimanya. 

"Semua diterima karena tampil sebagai seniman profesional," ucapnya.

DJ Una menyesal dananya telah diinvestasikan ke DNA Pro, sehingga ini menjadi pembelajaran baginya supaya tidak mudah percaya dengan ajakan berinvestasi. (adm/mau)