Berikut Kondisi Wilayah Kabupaten Lebak Sebagai Jalur Mudik

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten meminta pengguna kendaraan pribadi mewaspadai jalan rawan longsor di daerahnya.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten meminta pengguna kendaraan pribadi mewaspadai jalan rawan longsor di daerahnya.

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten meminta pengguna kendaraan pribadi mewaspadai jalan rawan longsor di daerahnya. 

Permintaan ini akibat terjadi peningkatan curah hujan di Kabupaten Lebak beberapa waktu terakhir.

 "Kami berharap pengemudi kendaraan agar meningkatkan kewaspadaan longsor untuk mencegah kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizky Pratama pada Sabtu (23/4/2022). 

Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Lebak yang rawan longsor seperti jalan Rangkasbitung-Cimarga-Bojongmanik-Leuwidamar-Cirinten. 

Selanjutnya, jalur Cipanas-Sobang-Citorek-Cibeber-Cilograng-Bayah-Cikulur-Cileles-Gunungkencana-Banjarsari. 

Penyebab jalan rawan longsor, ujar Febby Rizky Pratama, akibat topografi alam berupa pegunungan, perbukitan, dan daerah aliran sungai.

"Jika curah hujan tinggi disertai angin kencang tentu cukup berpotensi longsor juga pohon tumbang, " ucapnya. 

 Beberapa hari terakhir curah hujan di Kabupaten Lebak sedang tinggi, malahan dua kecamatan dilanda banjir dan seorang warga hanyut yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 

Jadi, para pengemudi diminta mengendarai kendaraannya agar selalu waspada jika melintasi jalan tersebut.

 "Kami berharap saat mudik nanti pengemudi perlu hati-hati serta waspada untuk mengantisipasi korban jiwa," ucapnya. 

 BPBD Kabupaten Lebak, Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak, dan Kepolisian Kabupaten Lebak akan membuat posko di jalur rawan longsor dan kecelakaan lalu-lintas. Posko itu guna mengatur kepadatan lalu lintas untuk kelancaran arus mudik.

 Para pemudik juga diminta menghentikan perjalanan dan beristirahat untuk mencegah kecelakaan.

 "Semua jalur rawan longsor sudah dipasang rambu-rambu lalu lintas agar pengemudi menjalankan kendaraannya pelan-pelan," tuturnya. 

Kapolres Lebak Ajun Komisaris Besar Wiwin Setiawan mengemukakan pihaknya telah mendirikan Posko Mudik dengan sejumlah petugas telah disebar di titik-titik rawan kecelakaan, termasuk daerah longsor.

 "Kami minta pemudik yang melintasi ruas jalan rawan kecelakaan dan longsor agar hati-hati menjalankan kendaraanya, " tuturnya. (ant/din)