Hari Kartini, Ibas Bagikan 500 Paket Sembako dan 100 Alquran

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono dalam acara bakti sosial itu, Ibas memberikan 500 paket sembako dan 100 alquran di Ponorogo, Jawa Timur.
Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono dalam acara bakti sosial itu, Ibas memberikan 500 paket sembako dan 100 alquran di Ponorogo, Jawa Timur.

Gemapos.ID (Jakarta) - Peringati Hari Kartini, Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menggelar bakti sosial di Masjid Husnul Khotimah. Ibas memberikan 500 paket sembako dan 100 alquran. 

Kegiatan itu juga sekaligus menjalin silahturahmi dengan para perempuan yang tergabung dalam Dewi Songgolangit Ponorogo, Jawa Timur.

Di kesempatan itu, Ia menyampaikan lima poin penting karakter perempuan yang bisa diteladani dari sosok RA Kartini. 

Ibas juga mengajak perempuan masa kini meneladani kepribadian baik RA Kartini itu. 

“Secara pribadi baik hatinya, baik perilakunya, baik tujuannya, baik kegiatannya, baik pekerjaannya, tidak hanya di rumah tangga tapi juga di lingkungan sekitar,” kata Ibas, Kamis (21/4/2022). 

Selain memiliki karakter, Ibas mengingatkan agar perempuan juga harus berani  bermimpi, sebagaimana RA Kartini memiliki mimpi yang tinggi. 

“Sebagai ibu rumah tangga sekalipun, pasti tetap memiliki mimpi. Ingin membesarkan anak-anaknya menjadi generasi yang baik dan sukses. Atau sebagai wanita karir punya mimpi menjadi tokoh yang berkeadilan, memiliki rezeki berlimpah sebagai penggerak roda perekonomian rakyat,” tutur politisi fraksi Partai Demokrat itu

Ibas mengatakan bahwa perempuan masa kini juga harus berani mengungkapkan pikirannya dan gagasannya, terkait permasalahan bangsa. Menurut dia, suara perempuan yang lantang berpendapat tentang hal-hal kritis di Indonesia masih minim. 

“Perempuan tidak hanya sibuk berurusan dengan dapur, tetapi perempuan masa kini juga bisa lebih banyak berbagi ilmu, bersuara dan mendorong anak-anak kita lebih berperan aktif,” ujar Ibas.

Anggota Komisi VI DPR RI ini juga menginginkan perempuan harus bisa menjadi penggerak kreativitas dan inovasi rumah tangga maupun kawasan sekitar sebagai tambahan pendapatan rumah tangga. 

Dalam kesempatan ini, Ibas juga menerima aspirasi dari jamaah perempuan yang hadir tentang kesulitan mereka karena kenaikan harga sembako.

Tin Sarji, seorang ibu rumah tangga yang turut menerima bantuan sembako menyampaikan terima kasih dan aspirasinya terkait harga sembako. 

“Saya dan teman-teman juga ingin titip pesan, tolong bantu kami agar harga-harga sembako itu distabilkan. Cukup stabil aja kok, kami tidak minta yang murah banget, yang penting stabil gitu lho Mas. Jangan naik-naik terus begini," ujarnya.

Senada dengan Tin, Warsini seorang pedagang yang hadir juga menyampaikan syukur dan keluh kesahnya. 

“Mas Ibas, terima kasih sudah membantu. Kami ini pada pusing semua Mas, harga pada naik, ya minyak, ya gula, ditambah lagi Ramadan dan bentar lagi lebaran. Jadi, bantuan ini sangat membantu," katanya. (rk)