Profil Mochammad Afifuddin, Begini Rekam Jejaknya

Mochammad Afifuddin
Mochammad Afifuddin

Gemapos.ID (Jakarta) - Mochammad Afifuddin telah resmi dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) masa bakti 2022-2027 pada hari ini (12/4/2022).

Terlihat dari rekam jejaknya, Afifuddin memang lama berkecimpung di kepemiluan sebelum menjadi kandidat anggota KPU terpilih.

Pada tahun 2021 lalu, pria kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur itu pernah bertugas sebagai anggota tim kelompok kerja verifikasi faktual parpol di Bawaslu RI.

Selain itu, Afifuddin juga diketahui pernah bertugas sebagai anggota tim seleksi calon anggota KPUD Kalimantan Utara pada 2014.

Berikutnya, ia pernah pula menjadi moderator debat kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara pada 2015.

Tak hanya itu, d Afifuddin juga tercatat pernah menjadi anggota tim pakar dalam debat kandidat Wali Kota Tangerang Selatan pada 2015.

Pada tahun berikutnya, ia juga tercatat pernah menjabat ketua tim seleksi calon panwas Pilkada Kabupaten Muaro Jambi, Tebo, dan Sarolangun di Bawaslu Jambi 2016.

Kemudian, ia menjabat sebagai Anggota Bawaslu RI yang mengurusi pengawasan dan hubungan antarlembaga pada periode 2017-2022.

Sementara itu, terkait pendidikan, Afifuddin mendapatkan gelar sarjananya dari Jurusan Ilmu Tafsir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2004.

Semasa kuliah di UIN, Afifuddin aktif di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Di PMII, dia pernah menjabat sebagai Ketua Komisariat di UIN, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) dan Bendahara Umum PB PMII. Selain itu, Afifuddin juga pernah menjabat sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Syarif Hidayatullah periode 2000-2001.

Pada 2005, Afifuddin melanjutkan studi S2 dengan mengambil jurusan Komunikasi Politik, Jurusan Ilmu Politik, FISIP UI dan lulus pada 2007. Setelah menyelesaikan S2, Afifuddin mulai aktif di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM UIN). Selain itu dia mulai terlibat di Seknas Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR). Pada 2009 hingga 2011, Afifuddin menjabat sebagi Manajer Riset di JPPR.

Afifuddin juga aktif mengadvokasi para disabilitas dalam menyalurkan haknya dalam pemilu melalui  program Generel Election for Disability Access (AGENDA). Jabatannya di JPPR semakin naik, pada 2013 dia menjadi Kornas JPPR hingga 2015. Kemudian pada 2015 hingga 2017, Afifuddin menjadi salah satu anggota Dewan Pengarah JPPR sebelum akhirnya terpilih menjadi Anggota Bawaslu.

Selain itu, Afifuddin tercatat sebagai pengajar di jurusan Ilmu Politik, FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Karena itu, selama kariernya Afifuddin telah mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya Bawaslu Awards Ketegori Pegiat Pemilu 2015 dan Nominator Pegiat Pemilu Pilihan Bawaslu 2014.