Kemenkumham Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan, Simak Infonya

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI membuka pendaftaran dua sekolah kedinasan.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI membuka pendaftaran dua sekolah kedinasan.

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI membuka pendaftaran dua sekolah kedinasan. Keduanya adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Tahun 2022.

"Ada dua formasi, yaitu formasi umum dan formasi pegawai Kemenkumham," kata Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto pada Jumat (8/4/2022). 

Untuk formasi umum Poltekip menyediakan 300 kuota dan Poltekim, sedangkan formasi pegawai Kemenkumham 50 kuota dari Poltekip dan 10 kuota dari Poltekim. Peserta gormasi umum bisa mengakses situs sekolah kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id. 

Kemudian, peserta melakukan pendaftaran dengan mengunggah swafoto, memilih sekolah, mengunggah berkas, dan melengkapi informasi pribadi.

Untuk formasi pegawai Kemenkumham, melakukan pendaftaran melalui https://catar.kemenkumham.go.id. Kemudian, peserta melakukan registrasi, mengunggah dokumen, dan kartu pendaftaran.

Setiap formasi memiliki mekanisme dan tata cara pendaftarannya masing-masing. 

“Jangan sampai salah atau tertukar," ujar Andap Budhi Revianto.

Pelamar harus menyiapkan sejumlah dokumen, yakni surat lamaran bermeterai Rp10.00, KTP-elektronik atau surat keterangan perekaman KTP elektronik, dan ijazah asli. 

Berikut akta kelahiran atau surat keterangan lahir asli, surat keterangan belum menikah, surat pernyataan, serta pas foto berlatar merah untuk Poltekip dan berlatar biru untuk Poltekim.

Pengumuman penerimaan dimuat pada laman https://catar.kemenkumham.go.id. 

Setiap calon peserta memperhatikan dengan teliti persyaratan yang telah diumumkan panitia agar lolos proses verifikasi dokumen.Waktu pendaftaran ini sampai 30 April 2022 

 

“Jadi jangan terburu-buru dan melakukan kesalahan dalam mengunggah berkas," ujar Andap Budhi Revianto. 

 

Jadwal seleksi berlangsung sejak pengumuman pada 8 April 2022 dan pendaftaran online dan unggah dokumen pada 9-30 April 2022. Peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi kompetensi dasar.

 

Berikutnya, tes kesehatan, tes kesamaptaan, psikotes, tes wawancara, dan pengamatan fisik hingga pengumuman kelulusan akhir pada Oktober 2022. (ant/din)