Bareskrim Akan Jemput Paksa Guru Trading Indra Kenz

Gemapos.ID (Jakarta) - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri akan melakukan upaya jemput paksa terhadap guru trading dan perekrut affiliator Binomo, Fakarich (Fakar Suhartami Pratama) pada Jumat, 1 April 2022. 

Penyidik ini melakukan jemput paksa lantaran Fakarich tidak memenuhi panggilan pemeriksaan yang telah dijadwalkan sebanyak dua kali tanpa alasan yang jelas.

"Sudah dua kali pemanggilan dan tidak hadir. Oleh sebab itu, selanjutnya penyidik melakukan penjemputan dengan surat perintah membawa, karena sudah dua kali tidak memenuhi panggilan penyidik," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko pada Jumat, 1 April 2022. 

Walaupim demikian, Gatot Repli Handoko tidak bisa menyebutkan posisi Fakarich sekarang. Pasalnya. Ini bisa mengganggu proses penyidikan dan upaya jemput paksa.

Fakarich merupakan guru trading tersangka investasi bodong trading binary option Binomo Indra Kenz. Dia akan dimintai keterangan terkait ilmu trading dan perannya sebagai perekrut para affiliator.

Indra Kenz telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan investasi trading binary option melalui aplikasi Binomo.

Dalam kasus ini, dia dijerat dengan Pasal 45 ayat 1 jo Pasal 28 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 3, 5, 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Pasal 378 KUHP (tentang Penipuan).

Sebelumnya, Direktur Tipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan mengungkapkan upaya penjemputan paksa ini dilakukan lantaran Fakarich mangkir selama dua kali panggilan pemeriksaan terkait kasus dugaan penipuan aplikasi Binomo.

"Dipanggil tidak datang berarti ada upaya membawa," ucapnya. 

Aturan hukum Polri berhak melakukan upaya tersebut untuk menghadirkan seseorang saksi untuk melengkapi kepentingan proses penyidikan suatu perkara.

Namun, Whisnu Hermawan belum menjelaskan secara rinci kapan Fakarich bakal dijemput paksa. 

"Iya (bakal dijemput paksa) sesuai dengan KUHAP. Belum tahu (kapan). Nanti, kita susun dulu," ujarnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah melayangkan panggilan kedua terhadap Fakarich sebagai trading Binomo Indra Kenz sejatinya diperiksa pada 31 Maret 2022.

"Sudah kita tanyakan, namun sampai sekarang penyidik juga belum memastikan dia hadir atau tidak," kata Gatot Repli Handoko. (pmj/mau)