Kabar Terbaru Terminal I Bandara Soekarno Hatta Jelang Lebaran 2022

PT Angkasa Pura II (Persero) akan kembali mengoperasikan Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat mulai 1 April 2022.
PT Angkasa Pura II (Persero) akan kembali mengoperasikan Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat mulai 1 April 2022.

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Angkasa Pura II (Persero) akan kembali mengoperasikan Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat mulai 1 April 2022.

Sebelumnya, Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta tidak dioperasikan PT Angkasa Pura II (Persero) sejak 2020 guna menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. 

Sub Terminal 1A sudah mulai diaktifkan sejak Februari 2022, tapi itu hanya untuk melayani kedatangan penumpang pesawat pada penerbangan terakhir setiap harinya (last flight arrival) untuk sejumlah penerbangan domestik.

Kemudian, Sub Terminal 1A akan melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik secara penuh pada 1 April 2022. Sejumlah maskapai yang beroperasi pada bulan depan adalah Airfast mulai 1 April 2022, Super Air Jet mulai 6 April, Sriwijaya Air Group, dan Air Asia Indonesia mulai 12 April.

"Saat ini Bandara Soekarno-Hatta perlu melakukan penyesuaian operasional dengan pengaktifan kembali Terminal 1 untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang, dan AP II bersama stakeholder sudah siap menjalani ini mulai 1 April 2022,” kata Presiden Direktur (Presdir) PT Angkasa Pura II (Persero) pada Kamis (31/3/2022). 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menambahkan pengoperasian kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat dibarengi dengan protokol kesehatan secara baik.

“Saat ini AP II dan stakeholder tengah melakukan berbagai persiapan teknis guna memastikan pengaktifan dapat berjalan lancar dengan terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan,” ujarnya.

Jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta konsisten sebesar 100.000 orang per hari selama seminggu terakhir. 

Bahkan ini pernah mencapai 140.000 orang per hari atau sekitar 70% dari pergerakan penumpang harian sebelum adanya Covid-19 sebanyak 200.000 orang per hari.

"Tren lalu lintas penerbangan yang ada ini juga menjadi latar belakang diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan,” ujarnya. 

Pengoperasian kembali Terminal 1 untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022.

“Periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik, adalah menjadi periode yang harus diperhatikan. Pengaktifan Terminal 1 ini untuk mengakomodir dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran dalam,” ujarnya,

AP II akan memastikan kesiapan personel dan fasilitas untuk aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di Terminal 1.

Pengoperasian kembali Terminal 1 per 1 April 2022, sehingga keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dilayani tiga terminal yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. (ant/mau)