Bupati Bogor Sebut Wilayah Lido dan Puncak Kini Jadi KSPD

Ilustrasi: Kawasan wisata danau lido
Ilustrasi: Kawasan wisata danau lido

Gemapos.ID (Jakarta) - Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan wilayah Lido dan Puncak kini menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSPD) yakni kawasan wisata yang memadukan rekreasi alam hingga kuliner berbasis ekonomi kreatif.

"KSPD Kabupaten Bogor itu, akan mencakup delapan kecamatan, yaitu Ciawi, Megamendung, Cisarua, Caringin, Cijeruk, Cigombong, Tamansari dan Kecamatan Ciomas," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hari ini (28/3/2022).

Ade Yasin menyebutkan di delapan kecamatan tersebut terdapat 50 wisata alam yang terdiri dari 27 wisata buatan dan 14 wisata budaya. 

Selain itu, ia mengatakan pengelolaannya melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, BUMN, BUMD, hingga Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Fasilitas pariwisata dan penunjang terdapat 913 unit, terdiri dari 486 vila dan resor, fasilitas kesehatan 24 unit, pemerintahan 63 unit, perdagangan tiga unit, peribadatan 120 unit, restoran 40 unit, supermarket 90 unit dan fasilitas umum 105 unit," ucapnya.

Sementara itu, ia juga menjelaskan Kabupaten Bogor memiliki 42 desa wisata, 17 di antaranya ada di KSPD Puncak-Lido, seperti di Desa Tugu Selatan, Tugu Utara, Cilember, Batu Layang, Megamendung, Cisarua, Kopo, Cimande, Cibeureum, Citapen, Tamansari, Cipayung, Pasir Eurih, Sukaharja, Sukajadi, Sukaresmi dan Desa Ciapus.

"Semua itu dikelola 978 orang, kunjungan wisata di KSPD itu tidak kurang dari 13.500-an orang terutama di KSPD Puncak-Lido pada 2021," kata dia.(ant/pa)