Menpora Sebut Akan Gelar ASEAN Para Games 2022 di Jawa Tengah pada Juli Ini

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pemerintah akan menggelar ASEAN Para Games 2022 pada Juli 2022 di Jawa Tengah untuk menggantikan tuan rumah sebelumnya yakni Vietnam.

Hal tersebut disampaikan Zainudin dalam konferensi pers daring usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini (22/3/2022).

“Jadi ada Surakarta, Sukoharjo, ada Karanganyar. Ada beberapa tempat yang menjadi tempat pelaksanaan,” kata Zainudin.

Menurutnya, Jawa Tengah dipilih menjadi tuan rumah karena merupakan wilayah pemusatan latihan dari atlet-atlet paralimpik. 

Selain itu, Provinsi yang pernah menjadi tuan rumah ajang yang sama pada 2011 tersebut juga memiliki fasilitas olah raga yang mendukung, seperti Rumah Sakit Dr Soeharso, Sukoharjo.

“Di sana itu ada RS Dr Soeharso. Kita tahu fungsi dari rumah sakit itu, di samping itu di sana juga ada Universitas Sebelas Maret, yang sangat memberikan dukungan dan backup khususnya untuk sport science,” katanya.

Zainudin, menjelaskan negara-negara lainnya di ASEAN, juga sudah mendukung Jawa Tengah sebagai tuan rumah ajang olah raga multi cabang bagi penyandang disabilitas itu.

Menpora mengakui, meskipun, penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 hanya menyisakan waktu tiga bulan, ia tetap optimistis ajang olah raga tersebut dapat berjalan sukses.

“Walaupun ini sangat dekat tetapi karena kita sudah pernah punya pengalaman menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2011,” jelas Menpora.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga telah menyatakan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Indonesia akan menggantikan Vietnam yang hanya menyelenggarakan SEA Games pada Mei 2022. Biasanya penyelenggaraan SEA Games dan ASEAN Para Games diselenggarakan oleh tuan rumah yang sama.(ant/ra)