Sarinah Thamrin Mulai Beroprasi, 95 Persen Gerainya Sudah Diisi Prodik UMKM

Gedung pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat
Gedung pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat

Gemapos.ID (Jakarta) - Pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat mulai beroprasi pada hari ini (21/3/2022). Selain itu, 95 persen gerainya sudah terisi dan sebagian besar diisi oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, di Gedung Sarinah, Jakarta, hari ini (21/3/2022).

"Mayoritas gerai di sini, diisi oleh para pengusaha UMKM dari seluruh Indonesia. Tercatat ada 500 UMKM yang menjajakan barang dagangannya di tempat ini," kata Fetty.

Menurutnya, dari seluruh gerai di Sarinah sudah 95 persen terisi, tapi yang sudah buka pada hari ini sekitar 75 persen.

Ia menjelaskan, ada beberapa gerai yang sampai saat ini masih dalam proses pembahasan, tapi hal itu tidak menghalangi acara pembukaan Sarinah tersebut.

Fetty memastikan, seluruh gerai di pusat perbelanjaan ini selalu diperbaiki dan akan terisi penuh pada Juni 2022. 

"Okupansi masih terus bertambah dan diharapkan terisi penuh pada Juni mendatang," katanya.

Dalam acara pembukaan tersebut, terpantau beberapa gerai di lantai dasar sudah mulai buka seperti toko pakaian berbahan batik "Sarinah Departement Store" hingga sejumlah restoran, tapi belum semua gerai dibuka.

Selain itu, di lantai dasar juga terlihat pameran foto yang menunjukkan rekam jejak perjalanan pusat perbelanjaan Sarinah sejak awal dibangun hingga tampilan baru saat ini.

Berikutnya, naik ke lantai satu, pengunjung langsung disambut dengan Sarinah Departement Store di sisi kiri eskalator. Gerai lainnya dilantai satu seperti toko kue, restoran, dan kedai kopi. Baik tempat makan "franchise", restoran masakan Indonesia, maupun masakan Jepang.

Di lantai satu, mayoritas gerai diisi oleh produk makanan, tapi belum semua gerai beroperasi.

Sedangkan di lantai dua pengunjung disambut dengan gerai salon dan spa dan restoran. Ada sejumlah restoran, baik masakan Indonesia, masakan Jepang, maupun masakan Eropa. Tampak sejumlah pengunjung menikmati hidangan di beberapa restoran.

Lalu naik ke lantai tiga, masih ada gerai Sarinah yang menawarkan aneka produk mulai dari furnitur, aksesoris, hingga suvenir seperti wayang, kerajian dari bahan rotan dan bambu, maupun hiasan dinding.

Sementara itu, lantai empat masih ditutup. Belum diketahui apa yang akan dijajakan oleh pengelola pusat perbelanjaan Sarinah di lantai empat tersebut.(ant/ar)