Kemenkeu Sebut Ada Juga Pihak Ketiga yang Kuasai Aset Negara Secara Ilegal

DJKN Kemenkeu Purnama Sianturi dalam Bincang Bareng DJKN secara daring di Jakarta
DJKN Kemenkeu Purnama Sianturi dalam Bincang Bareng DJKN secara daring di Jakarta

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Keuangan menyebutkan masih terdapat pihak ketiga yang menguasai aset negara secara ilegal. Hal ini disampaikan Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (DJKN Kemenkeu) Purnama Sianturi dalam Bincang Bareng DJKN secara daring di Jakarta, hari ini 918/3/2022).

"Pihak ketiga tersebut melakukan okupansi aset negara dengan melawan hukum," ungkap Purnama.

Ia mengatakan, dengan begitu, aset negara yang dikuasai oleh pihak ketiga tersebut Kemenkeu melakukan penguasaan fisik, seperti salah satunya aset negara hasil sitaan eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang berada di Karet Tengsin, Jakarta.

Ia pun menambahkan mayoritas aset negara yang dikuasai oleh pihak ketiga merupakan BMN hasil sitaan dari kasus BLBI.

Karena itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk memperjuangkan kembali aset negara yang telah dikuasai secara ilegal tersebut, seperti melalui gugat perdata atau mengikuti berbagai perkara yang berjalan atas aset negara.

"Ada banyak perkara walau misalnya kami kalah di tingkat pertama, untuk di tingkat akhir, tingkat Mahkamah Agung (MA), maupun tingkat peninjauan kembali (PK) kami menangkan," jelasnya.

Salah satu upaya, kata purnama, perkara yang dimenangkan pemerintah untuk menguasai kembali aset negara baru-baru ini terjadi di Surabaya dengan nilai aset sekitar Rp200 miliar.

Selain itu, upaya untuk mengambil alih aset negara yang dimanfaatkan secara ilegal yakni melalui pengamanan berupa pemblokiran kepada Kantor Pertanahan setempat, kemudian Kemenkeu akan memberitahu kepada lurah atau camat setempat bahwa properti tersebut adalah barang milik negara (BMN).

Ia mengatakan pengamanan aset negara juga dilakukan secara fisik dengan cara memasang tanda di atas BMN yang berupa tanah.

"Jadi intinya bahwa negara telah melakukan dan akan melakukan segala upaya untuk mengamankan ataupun memastikan hak negara atas aset itu tetap," ujarnya.(ant/pa)