Kementerian ESDM Umumkan Secara Resmi Pemenang Lelang Empat Wilayah Kerja Migas

Ilustrasi: wilayah kerja minyak dan gas bumi
Ilustrasi: wilayah kerja minyak dan gas bumi

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi mengumumkan pemenang lelang empat wilayah kerja minyak dan gas bumi North Ketapang, Agung I, Agung II, dan Bertak Pijar Puyuh pada hari ini (18/3/2022).

Dalam konferensi pers di Jakarta, hari ini (18/3/2022) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan penawaran langsung keempat wilayah kerja tersebut telah dibuka sejak 29 November 2021 sampai 11 Januari 2022.

"Berdasarkan hasil penilaian tim penawaran wilayah kerja migas yang hasilnya telah disampaikan kepada kami dan dilaporkan kepada Menteri ESDM telah ditetapkan pemenang lelang penawaran langsung pada empat wilayah kerja," kata Tutuka.

Kementerian ESDM menyatakan PC Ketapang II Ltd memenangkan lelang untuk wilayah kerja minyak dan gas bumi North Ketapang dengan signature bonus 500 ribu dolar AS.

Untuk itu, PC Ketapang II Ltd akan melakukan komitmen pasti selama tiga tahun senilai 8,14 juta dolar AS dengan rincian kegiatan G&G study sebesar 1 juta dolar AS, multiclient uplift fee seismik tiga dimensi seluas 262 kilometer persegi sebesar 750 ribu dolar AS, dan akuisisi data seismik tiga dimensi seluas 300 kilometer persegi sebesar 6,39 juta dolar AS.

Sementara itu, untuk wilayah kerja North Ketapang terletak di darat dan lepas pantai Jawa Timur dengan luas mencapai 3.121,4 kilometer persegi. Jumlah perkiraan cadangan minyak dan gas bumi yang dapat diperoleh kembali sebanyak 270 MMBO dan 1,5 TCF.

Berikutnya, pemenang lelang untuk wilayah kerja Agung I didapatkan oleh BP Exploration Indonesia Limited dengan signature bonus 100 ribu dolar AS.

BP Exploration memiliki komitmen pasti selama tiga tahun senilai 2,5 juta dolar AS dengan rincian kegiatan G&G study sebesar 500 ribu dolar AS dan seismik dua dimensi seluas 2.000 kilometer persegi sebesar 2 juta dolar AS.

Untuk wilayah kerja Agung I memiliki luas 6.656,73 kilometer persegi terletak di lepas pantai Bali dan Jawa Timur. Jumlah perkiraan cadangan gas bumi yang dapat diperoleh kembali sebanyak 985 BCF.

"Ketiga, wilayah kerja Agung II dengan pemenang lelang adalah BP West Papua I Limited. Signature bonus sebesar 100 ribu dolar AS," kata Tutuka.

BP West Papua I Limited memiliki komitmen pasti selama tiga tahun senilai 1,5 juta dolar AS dengan rincian kegiatan G&G study sebesar 500 ribu dolar AS dan seismik dua dimensi seluas 2.000 kilometer dengan anggaran 1 juta dolar AS.

Wilayah kerja Agung II terletak di lepas pantai Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur dengan luas mencapai 7.969,84 kilometer persegi. Jumlah perkiraan cadangan gas bumi yang dapat diperoleh kembali sebanyak 16,5 TCF.

Selanjutnya, pemenang lelang keempat diraih oleh PT Mitra Multi Karya dengan signature bonus sebesar 500 ribu dolar AS.

Mitra Multi Karya memiliki komitmen pasti selama dua tahun dengan kegiatan berupa workover delapan sumur dengan jumlah anggaran sebesar 2 juta dolar AS.

Wilayah kerja Beryak Pijar Puyuh berlokasi di daratan Sumatera dengan luas mencapai 266,99 kilometer persegi. Jumlah perkiraan cadangan minyak yang dapat diperoleh kembali sebanyak 1,3 MMSTB.

"Berdasarkan empat pemenang lelang di wilayah kerja Nort Ketapang, Agung I, Agung II, dan Bertak Pijar Puyuh didapat total signature bonus sebesar 1,2 juta dolar AS dan total jumlah anggaran komitmen pasti sebesar 14,14 juta dolar AS," katanya.

"Kami ucapkan selamat kepada para pemenang lelang dan hal ini memberikan sinyal positif bagi investasi hulu migas Indonesia di tengah kondisi global yang penuh tantangan saat ini," tambahnya.(ant/ar)