Jokowi Sebut Prosesi Penyatuan Tanah dan Air di Nusantara Bentuk Kebinekaan

Pidato Presiden Jokowi dalam prosesi penyatuan tanah dan air di Kawasan Titik Nol Kilometer IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim
Pidato Presiden Jokowi dalam prosesi penyatuan tanah dan air di Kawasan Titik Nol Kilometer IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa para gubernur dari 34 provinsi tersebut, merupakan bentuk kebinekaan dan persatuan dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh presiden Jokowi dalam prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara di Kawasan Titik Nol Kilometer IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim, yang dipantau secara virtual dari Jakarta, hari ini (14/3/2022).

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebinekaan dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," kata Presiden.

Dalam prosesi tersebut, masing-masing gubernur menyerahkan tanah dan air yang dibawa dari lokasi yang sesuai dengan kearifan lokal dan budaya wilayahnya kepada Presiden untuk disatukan ke dalam gentong besar sebagai tanda bahwa Ibu Kota Nusantara adalah milik seluruh provinsi dan masyarakat di dalamnya.

Penyerahan tanah dan air kepada Presiden di awali oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kemudian diikuti oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kemudian ditutup oleh Gubernur Kaltim Isran Noor yang menyerahkan tanah dan air dari Kutai Kartanegara serta Kesultanan Paser.

Presiden menegaskan bahwa dengan penyatuan tanah dan air tersebut, pembangunan Ibu Kota Nusantara sebagai cita-cita besar bangsa segera dimulai.

"Kita berdoa semoga hidayah dan barokah dari Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini," ujar Presiden.

Selepas acara tersebut, Presiden dan para gubernur juga melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Dilanjutkan pada malam harinya, Presiden Jokowi direncanakan untuk bermalam di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Dalam kunjungan kerja kali ini, turut mendampingi Presiden antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.(ant/pa)