Pangkostrad Bersama Jajaran Ziarah ke Makam Soeharto

Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjutak bersama jajaran melakukan ziarah ke makam Soeharto di Astana Giribangun Karanganyar
Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjutak bersama jajaran melakukan ziarah ke makam Soeharto di Astana Giribangun Karanganyar

Gemapos.ID (Jakarta) - Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjutak bersama jajaran melakukan ziarah ke makam Soeharto di Astana Giribangun Karanganyar, Jawa Tengah, hari ini (11/3/2022).

Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjutak  mengatakan, dalam rangka memperingati HUT ke-61 Kostrad yang jatuh pada 6 Maret lalu, ia bersama jajarannya didampingi oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono dan pengelola Makam Astana Giribangun langsung memasuki ruang makam Soeharto dan Tien Soeharto, untuk melakukan doa bersama.

Kemudian, setelah melakukan doa mereka juga memberikan karangan bunga untuk seniornya, Soeharto, mantan Pangkostrad pertama.

Kegiatan ziarah ke makam Soeharto sebagai sesepuh di Satuan Kostrad sudah menjadi tradisi dilakukan secara rutin setiap tahun di Astana Giribangun Karanganyar.

Menurutnya, makna dari ziarah tersebut untuk mengingatkan bagaimana kiprah pak Soeharto menjadi sejarah nasional.

"Kami juga bisa dikatakan ada hubungan khusus dengan beliau di Kostrad. Beliau adalah yang pertama membuat tokoh berperan dan luar biasa dalam pengabdian," kata Pangkostrad.

Ia mengatakan hal tersebut, menjadi poin penting di pasukan Kostrad. Dengan kegiatan ziarah tersebut ia berharap dapat mengingatkan kembali khususnya generasi menerus untuk mengabdi lebih baik kepada negara.

Sebelumnya, satuan tersebut dahulu bukan bernama Kostrad, tetapi Cadangan Umum Angkatan Darat (Caduad) dan Mayjen TNI Soeharto ditunjuk menjadi Panglima Korra I Caduad.

Sementara itu, dalam kunjungan kerja di Jawa Tengah, selain ziarah ke makam Soeharto di Astana Giribangun Karanganyar, Pangkostrad bersama jajaran juga ke Markas Brigif 06/Trisakti Balajaya dan Batalyon 413 di Sukoharjo. 

Sebelumnya, mereka juga telah mengunjungi Markas Para Reder 503 Mayangkara Mojokerto Jatim.(ant/pa)