Kepala BIN: IKN Nusantara Merupakan Terobosan Mewujudkan Visi Indonesia 2045

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan

Gemapos.ID (Jakarta) - Terkait visi Indonesia 2045 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 sebagai gambaran wujud Indonesia di usia 100 tahun kemerdekaan. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan terobosan untuk mewujudkan visi Indonesia 2045.

Hal tersebut disampaikan oekh Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, hari ini (11/3/2022).

"Dengan pembangunan IKN Nusantara, jalan Indonesia kembali dan melampaui level pertumbuhan sebelum pandemi terbuka," kata Budi.

Ia menyebutkan Indonesia saat itu, menurut visi ini, telah menjadi negara berdaulat, maju, adil, dan makmur. Antara lain ditandai dengan keberhasilannya berada di peringkat lima kekuatan ekonomi dunia.

Menurutnya, saat ini Indonesia membutuhkan terobosan besar dan kreativitas yang luar biasa untuk bisa tetap di peta jalan visi Indonesia 2045. Salah satunya dengan keputusan besar memulai pembangunan IKN Nusantara.

Ia menjelaskan, Indonesia akan lebih cepat memiliki model ekonomi berbasis digital sebagai pendorong pertumbuhan. Termasuk mengadopsi arah ekonomi berkelanjutan, bersahabat dengan alam, dan lebih merata secara geografis.

Saat ini struktur ekonomi Indonesia secara spasial didominasi Pulau Jawa sebesar 57,89 persen, padahal potensi wilayah lain sangat besar, jelas dia.

"Ini penjelasan mengapa Presiden Jokowi memutuskan pembangunan IKN harus dimulai sesegera mungkin," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan IKN Nusantara didesain sebagai kawasan pertumbuhan baru dengan semua kriteria yang meliputi smart, green, dan sustainable. Pemerintah ingin memanfaatkan momentum akselerasi pembangunan nasional untuk mewujudkan visi Indonesia 2045.

Sementara itu, ia mengatakan pandemi COVID-19 sedikit banyak telah membuyarkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia. Karena itu, Indonesia harus mempunyai terobosan besar guna tetap bisa menjadi kekuatan ekonomi kelima terbesar dunia pada 2045.

"Salah satunya melalui pembangunan IKN Nusantara," ujar Budi.

Ia mengungkapkan, sebelum pandemi COVID-19, berbagai lembaga ekonomi dan keuangan dunia melihat Indonesia sebagai emerging power yang akan menjadi kekuatan ekonomi dunia dalam rentang satu hingga dua dekade mendatang.(ant/ra)