Wapres berharap ketersediaan Ramadan dan Lebaran Cukup Tersedia

Ma'ruf Amin saat menyapa ratusan petani dan penyuluh dari berbagai wilayah melalui konferensi video dari Kementerian Pertanian Jakarta
Ma'ruf Amin saat menyapa ratusan petani dan penyuluh dari berbagai wilayah melalui konferensi video dari Kementerian Pertanian Jakarta

Gemapos.ID (Jakarta) - Menjelang Ramadan dan Lebaran Tahun 2022, Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap ketersediaan dan kebutuhan pangan cukup dan tidak terjadi kekurangan. Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin saat menyapa ratusan petani dan penyuluh dari berbagai wilayah melalui konferensi video dari Kementerian Pertanian Jakarta, hari ini (8/3/2022).

"Saya berharap ketersediaan dan kebutuhan Ramadan dan Hari Raya (Idul Fitri) cukup tersedia; dan jangan sampai terjadi kekurangan," kata Wapres.

Selain itu, ia juga memberi semangat kepada para petani dalam melakukan kegiatan produksi bahan pangan di daerah. Menurutnya, saat kondisi pertanian global sedang tidak menentu, dimana banyak negara sedang mengalami kekurangan pangan.

Karena itu, dia berharap Indonesia jauh lebih siap dalam menyediakan semua kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat.

"Saat ini situasi global mengalami masalah ketersediaan pangan. Iklim yang tidak baik membuat impor komoditas menjadi masalah. Ditambah lagi, beberapa masalah kenaikan harga di pasar internasional. Tentu kita berharap kenaikan harga di bulan Ramadan juga dalam batas wajar," katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wapres menyapa para petani secara daring, sehingga menambah semangat para petani dalam memproduksi tanaman pangan.

"Terima kasih kepada Bapak Wapres dan tentu kehadiran beliau membuat kami semakin bersemangat," katanya.

Syahrul juga memastikan ketersediaan pangan dalam kondisi aman dan tidak ada kekurangan atau kelangkaan.

Meski demikian, tetap terdapat kenaikan harga pada beberapa komoditas tertentu karena tingginya harga di pasar Internasional.

"Seperti kata Bapak Wapres, data dan validasi sudah kami lakukan, bahwa Ramadan insya Allah kebutuhan kita cukup. Terkait beberapa harga komoditas yang naik, karena sekarang kan memang harga dunia juga lagi naik, tetapi bukan berarti ketersediaan kurang. Semua cukup," ujarnya.(ant/ra)