Peringati Hari Terbentuknya KOSTRAD Ke-61, Ini Sejarahnya

Ilustrasi: Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) saat latihan
Ilustrasi: Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) saat latihan

Gemapos.ID (Jakarta) - Tepat pada hari ini, Minggu (6/3/2022), Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) memasuki usia barunya. Pada 61 tahun yang lalu, sejarah mencatat pada 6 Maret 1961 diperingati sebagai hari lahir KOSTRAD atau Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Dikutip dari laman resmi KOSTRAD, menjelang akhir tahun 1960 pimpinan AD menganggap perlu membentuk satuan militer yang bersifat mobil berkemampuan Linud yang siap tempur menjalankan    tugas   di seluruh  tanah   air,  maka dibentuklah Cadangan Umum AD. 

Pada saat itu, gagasan dan ide ini keluar dari Kasad Jenderal A.H Nasution pada tahun 1960, dan sebagai realisasi dari gagasan ini, maka keluarlah skep Kasad No. KPTS.1067/12/1960 tgl. 27 Desember 1960.

Diketahui, gagasan tersebut mempunyai latar belakang yang sangat mendesak, terutama karena keterkaitannya dengan masalah Irian Barat yang pada waktu itu masih menjadi sengketa dengan Belanda.

Hingga akhirnya, pada 6 Maret 1961 TNI meresmikan Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD) dengan Mayjen TNI Soeharto ditunjuk menjadi Panglima KORRA I CADUAD. Pembentukan ini yang kemudian dianggap sebagai hari lahirnya KOSTRAD.(els/ar)