Distribusi Bantuan Korban Gempa di Pasaman Barat Terhambat Longsor

Ilustrasi: Tim TNI membersihkan material longsor menggunakan alat berat
Ilustrasi: Tim TNI membersihkan material longsor menggunakan alat berat

Gemapos.ID (Jakarta) - Sejak Senin (28/2/2022) terjadi longsor di kawasan Rimbo Kejahatan, Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) hingga menutupi akses jalan di kawasan setempat menghambat distribusi bantuan kepada korban gempa.

Hal tersebut dibenarkan oleh Komandan Kodim 0305/Pasaman Letkol (Kav) Hery Bhakti selaku Komandan Pos Komando Tanggap Darurat Pasaman Barat, di Simpang Empat, hari ini (1/3/2022).

"Longsor menghambat salah satu akses distribusi logistik kepada warga terdampak gempa," kata Letkol (Kav) Hery.

Ia mengatakan timnya hingga pukul 12.00 WIB siang masih berjibaku di lokasi bencana untuk membersihkan material longsor menggunakan alat berat.

"Jalan sudah tertutup dari malam dan langsung ditangani, hingga saat ini tim masih di lokasi untuk membersihkan," katanya.

Ia mengatakan pagi ini jalan sudah mulai terbuka kembali, namun baru bisa dilalui kendaraan roda dua. Selain itu bagian jalan juga dilaporkan terban akibat longsor.

"Untuk jalan yang rusak sudah diminta untuk melakukan perbaikan darurat agar bisa dilalui kembali, berkoordinasi dengan dinas terkait," katanya.

Hery berharap perbaikan serta pembersihan material longsor bisa segera dituntaskan sehingga akses transportasi pulih kembali.

Karena longsor tersebut sangat berdampak kepada distribusi logistik ke sejumlah jorong terdampak gempa di Kecamatan Talamau, Pasaman Barat.

Sementara itu, Satgas tanggap darurat bencana Pasaman Barat hingga hari ini (1/3/2022) masih terus melakukan pendataan dan validasi rumah warga yang rusak, dan jumlah pengungsi di kawasan setempat.

Selain itu, hingga saat ini warga terdampak korban gempa Pasaman Barat masih membutuhkan tenda, susu ibu hamil, susu anak, kasur, selimut, beras dan bahan makanan lainnya.(ant/ra)