Job Fair Virtual Kabupaten Banyumas 2022 Sediakan 3.084 Lowongan Pekerjaan

Job Fair Virtual Kabupaten Banyumas Tahun 2022 (Foto:ANTARA)
Job Fair Virtual Kabupaten Banyumas Tahun 2022 (Foto:ANTARA)

Gemapos.ID (Purwokerto) - Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ggelar pameran bursa kerja "Job Fair Virtual Kabupaten Banyumas Tahun 2022" yang menyediakan 3.084 lowongan kerja.

Kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-451 Kabupaten Banyumas itu berlangsung selama dua hari, yakni 23-24 Februari 2022 dan dibuka secara resmi oleh Bupati Banyumas Achmad Husein di Aula Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas, Rabu (23/2/22).

Pada kesempatan itu, Bupati mengapresiasi Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas atas penyelenggaraan pameran bursa kerja secara virtual yang berlangsung selama dua hari tersebut.

"Pendaftaran dapat dilakukan secara online (daring), kemudian nantinya offline (luring). Ini sangat bagus pada saat pandemi, sudah cukup banyak perusahaan yang membuka lapangan kerja," katanya.

Pameran bursa kerja tersebut melibatkan 25 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor, antara lain industri, perhotelan, perbankan, restoran, dan jasa.

Perusahaan-perusahaan tersebut juga tidak hanya berasal dari Banyumas, melainkan Jakarta, Salatiga, Semarang, dan Klaten.

Dari 25 perusahaan tersebut, kata dia, ada beberapa perusahaan yang cukup banyak membuka lowongan pekerjaan di antaranya perusahaan sepatu yang membutuhkan sekitar 2.000 tenaga kerja dan restoran butuh 56 tenaga kerja.

"Total ada 3.084 lowongan pekerjaan yang disediakan oleh 25 perusahaan itu," kata Bupati.

Bahkan beberapa perusahaan ada yang langsung menggelar tes seperti Indomaret pada tanggal 25 Februari dan PNM Mekaar pada 5 Maret 2022.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas Iswandiari mengatakan pameran bursa kerja "Job Fair Virtual Kabupaten Banyumas Tahun 2022" merupakan program kerja Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Jadi Ke-451 Kabupaten Banyumas.

Menurut dia, kegiatan tersebut ditujukan untuk mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja atau perusahaan secara daring serta memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.

"Juga memfasilitasi perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja, profesional, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, serta untuk mengurangi pengangguran," kata Sekretaris Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas itu.

Ia mengatakan masyarakat pencari kerja yang hendak mengikuti pameran bursa kerja tersebut dapat mendaftarkan diri secara langsung melalui laman jobfair.kemnaker.go.id dan selanjutnya memilih lowongan pekerjaan yang sesuai.(ant/ra)