Pengamat Sebut Relawan Ganjar di Jabar Untuk Menaikkan Elektabilitas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gemapos.ID (Jakarta) - Pengamat Politik Universitas Padjadjaran Firman Manan mengatakan di Jawa Barat (Jabar) muncul sejumlah relawan Ganjar Pranowo, ini merupakan upaya untuk menaikkan elektabilitas.

"Itu wajar, munculnya relawan-relawan dari para tokoh, karena pilpres semakin dekat," kata Firman dalam keterangan tertulis di Jakarta, hari ini 922/2/2022).

Ia menjelaskan perlu dilakukan deklarasi relawan, karena nantinya memberikan pengaruh untuk menjaring pemilih potensial. Selain itu, relawan Ganjar juga harus meyakinkan masyarakat di Jabar dengan karakter pemilih yang belum menentukan pilihan (swing voters).

"Relawan Ganjar harus terus melakukan penetrasi ke masyarakat di Jabar, dengan sosialisasi yang masif agar peningkatan popularitas dan elektabilitas terhadap Ganjar Pranowo meningkat," ujarnya.

Sementara itu, ia juga mengingatkan berdasarkan hasil survei terakhir, elektabilitas Ganjar Pranowo belum cukup kuat dibandingkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

"Ini jadi kerja keras bagi relawan Ganjar," katanya.

Menurutnya, jika merujuk daftar pemilih tetap (DPT) Pilpres 2019 lalu, sebanyak 33 juta pemilih berada di Jawa Barat atau 17,5 persen secara nasional.

Untuk itu, ia mengingatkan agar relawan melakukan sosialisasi yang bijak dan tidak menyinggung tokoh lain. Jika itu dilakukan dengan baik, maka elektabilitas dan popularitas Ganjar bisa meningkat khususnya di Jabar.

Sebelumnya, milenial dan mahasiswa se-Jawa Barat yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center (GMC), mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Selaras dengan itu, Ketua Ganjar Pranowo (GP) Mania Imanuel Ebenezer di Indramayu juga mengatakan petani Kabupaten Indramayu, Jabar melakukan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024, dan diharapkan bisa meneruskan perjuangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Deklarasi ini bukti para petani menginginkan Ganjar Pranowo sebagai penerus Pak Jokowi," kata Ketua GP Mania.(ant/ra)