Komisi II DPR Pastikan Pelayanan Pemda Tetap Berjalan di Tengah Pandemi

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyatakan, meski di tengah pandemi COVID-19, pihaknya memastikan pelayanan masyarakat yang diberikan pemerintah daerah harus tetap berjalan baik.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Doli Kurnia usai memimpin rapat kunjungan kerja di Kantor Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, Hari ini (21/2/2022).

"Harus memastikan bahwa pelayanan publik berjalan baik, meski pemda melakukan penyesuaian saat menghadapi krisis pandemi COVID-19," kata Ahmad.

Ia menjelasakan, di awal pandemi COVID-19, pemerintah daerah menghadapi berbagai masalah, dan saat ini tengah menyesuaikan diri dengan kehidupan normal baru. Meski begitu, apa pun kendala nya, pelayanan publik tetap harus dijalankan dengan baik.

"Karena pemerintah tugas utamanya adalah menjaga dan meningkatkan pelayanan publik pada masyarakat," ucapnya.

Dalam rapat tersebut, ia menyebutkan, pemerintah juga harus menyelesaikan masalah administrasi kependudukan.

Menurutnya, proses pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik masih bermasalah di beberapa tempat. Meski begitu, ia tidak menyebutkan nama daerah yang masih menghadapi kendala administrasi kependudukan. Karena itu, ia menegaskan, agar masalah serupa tidak terjadi di Batam. 

"Kita harus bisa memastikan soal administrasi kependudukan kita ini harus betul-betul 'clear' dan yang pertama kali harus dipastikan, masyarakat dalam negeri di Kota Batam terutama," katanya.

Ahmad juga menegasakan agar jangan sampai Batam menjadi pintu ke luar WNI ke tempat lain secara ilegal. Karena menurutnya itu merupakan hilir dari masalah administrasi kependudukan.

"Kalau, misalnya, hulunya masalah administrasi kependudukan selesai. Data kependudukan kita cukup baik, KTP elektronik kita juga baik, mudah-mudahan itu bisa kita hindari," tuturnya.(ant/ri)