Mengapa Harga Daging Naik Tiba-Tiba Malam Kemarin

Harga daging sapi di Pasar Slipi, Jakarta Barat (Jakbar naik menjadi Rp140.000 per kilogram (kg) dari Rp125.000 per kg mulai Minggu (20/2/2022) malam.
Harga daging sapi di Pasar Slipi, Jakarta Barat (Jakbar naik menjadi Rp140.000 per kilogram (kg) dari Rp125.000 per kg mulai Minggu (20/2/2022) malam.

Gemapos.ID (Jakarta) - Harga daging sapi di Pasar Slipi, Jakarta Barat (Jakbar) mengalami kenaikan dari Rp125.000 per kilogram (kg) menjadi Rp140.000 per kg sekarang.

"Naiknya tadi malam," kata Pedagang daging Hamid di Pasar Slipi pada Senin (21/2/2022).

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya kenaikan harga daging sapi  sering terjadi menjelang bulan Ramadhan. Bahkan, pada 2021 harga daging sapi diprediksi bisa melonjak hingga Rp150.000 per kg.

Kondisi ini justru mempersulit dirinya dan beberapa pedagang lain untuk berjualan lantaran warga mulai malas membeli daging dengan harga yang tinggi. Hal ini terlihat dari pembeli sepi di gerai pedagang daging Pasar Slipi.

"Kita juga ngeluh bukan pembeli aja, karena jadi sepi pembeli, susah ngejualnya," ucapnya.

Beberapa rumah makan yang menjadi pelanggan tetap juga mengeluhkan kenaikan harga. Sebab, pemilik restoran harus putar otak menjual daging per porsi.

"Kalau di kita kan ngirim-ngirim ke rumah makan biasanya per porsi ada hitungannya. Sekarang juga bingung karena harga naik dan kita enggak mungkin jual di bawah harga," tuturnya.

Hamid tidak tahu penyebab kenaikan harga daging secara pasti lantaran kenaikan sudah terjadi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Dia hanya bisa berharap pemerintah bisa menstabilkan harga daging, sehingga warga tidak merasa terbebani. (ant/moc)