Peringati HPSN 2022, Anies Baswedan: Kita ingin menjadi kota zero waste

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 secara daring
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 secara daring

Gemapos.ID (Jakarta) - Terkait Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar ada gerakan menumbuhkan kesadaran masyarakat mengelola sampah, baik dilakukan dari diri sendiri maupun melalui kolaborasi untuk mengurangi volume sampah. 

Hal tersebut disampaikan Anies dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 secara daring dipantau di Jakarta, Hari ini (21/2/2022).

“Gerakan itu artinya kepemilikan atas masalah ada pada semua pihak dan semua pihak dipanggil untuk terlibat, terpanggil untuk berbuat,” kata Anies.

Menurutnya, apabila dari hulu, residu atau sampah terkelola maka volume sampah dapat dikurangi sehingga pengelolaannya menjadi lebih mudah.

Selain itu, Anies juga menyampaikan apresiasi kepada para aktivitas dan sejumlah lembaga yang ikut terlibat membangun kesadaran dan kebiasaan baru untuk memilah sampah dari rumah tangga, hingga pengangkutan sampah berdasarkan jenis sampah.

“Kolaborasi ini bukan hanya dengan NGO (non goverment organization/NGO), akademisi, juga sektor swasta tapi kami juga berharap rumah tangga muncul kolaborasi masif, harapannya bisa membangun kesadaran yang amat luas,” katanya.

Ia memberikan contoh, pihaknya memang sengaja tidak menempatkan tempat sampah misalnya di dalam transportasi umum seperti MRT Jakarta. Alasannya, agar muncul paradigma baru pengelolaan sampah dari diri sendiri dengan cara mengantonginya kemudian dibuang di tempat sampah yang sudah ditentukan.

“Jangan tempatkan seluruh muka bumi ini sebagai tempat sampah dan yang kita sebut sebagai sampah sering kali itu residu,” katanya.

Ia mengatakan, Per hari, Jakarta mengumpulkan sekitar 7.800 ton sampah yang kemudian diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat.

“Kita ingin menjadi kota ‘zero waste’ tapi ini tidak mungkin terjadi, hanya dikerjakan sendiri. Kita harus kerjakan ini sebagai sebuah proses bersama,” kata Anies.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta mengambil tema khusus dalam HPSN 2022 yakni “Festival Kolaborasi Jakarta Sadar Sampah” yang dilaksanakan di TPST Bantargebang, Bekasi dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.(ant/ri)