Arkeologi Maluku Mulai Meneliti Perahu Tradisional yang Terancam Punah

Ilustrasi perahu tradisional di Kepulauan Kei kabupaten Maluku Tenggara
Ilustrasi perahu tradisional di Kepulauan Kei kabupaten Maluku Tenggara

Gemapos.ID (Jakarta) - Peneliti kantor Arkeologi Maluku Lukas Wattimena mengatakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meneliti tradisi maritim yang terancam punah yakni rekayasa perahu tradisional di Kepulauan Kei kabupaten Maluku Tenggara.

Saat berbincang riset dan inovasi pada hari ini (19/2/2022) ia juga menyatakan penelitian kemaritiman difokuskan pada tradisi rekayasa perahu tradisional di Kepulauan Kei kabupaten Maluku Tenggara.

"Aspek penting yang coba disampaikan yakni Kepulauan Kei sebagai penghasil perahu di masa lalu dan menjadi pusat penghasil perahu di Maluku Tenggara, harus dilestarikan oleh generasi penerus agar tidak punah," katanya.

Diketahui, Proses pembuatan perahu tradisional di kepulauan Kei umumnya dilakukan oleh orang tua dan sifatnya genetik. Masyarakat pembuat perahu rata-rata usianya di atas 60 tahun, sehingga harus ada upaya pelestarian agar tradisi tersebut tetap dilanjutkan oleh generasi selanjutnya.

"Dari sisi usia tentu sudah kurang produktif sehingga nilai-nilai tersebut harus diturunkan," katanya.

Sementara itu, proses pembuatan perahu sifatnya genetik yakni pengetahuan melekat, pada sistem bapak bukan ke ibu atau keluarga lainnya seperti paman.

Hal tersebut terancam punah karena tidak semua pengetahuan pembuatan perahu bisa diikuti dan bisa hilang karena hal- hal sederhana yakni proses pengukuran, dan alat yang digunakan.

Alat yang digunakan seperti kapak, meskipun ada alat lain, serta sejalan dengan perubahan adanya mesin yang mempercepat proses pembuatan perahu, membuat tradisi semakin pudar.

"Struktur genetiknya memang dari bapak ke anak, tetapi bisa saja dalam satu keluarga ada empat anak, tetapi yang memiliki keterampilan hanya satu atau dua orang yang bisa meneruskan," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan faktor pendukung lainnya yakni teknologi pembuatan perahu modern dari bahan fiber. Perubahan, tidak bisa dielakkan karena pasti akan terjadi, tetapi bagaimana kekuatan untuk tetap melestarikan melalui proses pencampuran antara perahu tradisional dan perahu modern.

Pihaknya merekomendasikan seluruh laporan penelitian dibuat dalam bentuk pdf dan visual dokumentasi 3D.

Hal ini karena seiring perkembangan jaman, perahu tradisional mungkin tidak akan dibuat lagi, sehingga dibutuhkan dokumentasi visual proses pembuatan dan rekayasa model sebagai bahan koleksi di museum maritim, berkolaborasi dengan museum Siwalima Ambon.(ant/pa)