6 Jenis Anggrek Cantik dan Populer di Indonesia

Ilustrasi tanaman bunga Anggrek
Ilustrasi tanaman bunga Anggrek

Gemapos.ID (Jakarta) - Bunga Anggrek atau Orchidaceace merupakan salah satu tumbuhan berbunga yang dapat digunakan untuk menghiasi tempat dan ruangan anda. Selain bisa menambahkan keindahan tentu bisa membuat kita merasakan kenyamanan. Warna-warna anggrek yang sangat cantik membuatnya tampak indah dan menarik untuk dijadikan hiasan taman. Meski harganya relatif tinggi, namun tetap tidak menyurutkan niat para pecinta tanaman hias untuk merawatnya.

Di Indonesia sendiri ada sekitar 5000 jenis anggrek. Tanaman anggrek memang bisa tumbuh subur di Indonesia sebab merupakan kawasan dengan iklim tropis yang merupakan habitat alaminya.

Tentu saja dari banyaknya anggrek yang tumbuh tersebut ada jenis anggrek tercantik dan paling terkenal, Beberapa diantaranya :

Anggrek Hitam

Anggrek hitam yang bernama latin Coelogyne Pandurata Lindl ini banyak ditemukan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Warna hitamnya yang cantik menimbulkan kesan “unik” dan “magis” sehingga banyak disukai. Spesies ini tergolong anggrek epifit yang hidup di dataran rendah. Di Sumatera Utara, spesies ini ditemukan di daerah batu kapur pada ketinggian 100 m. Akan tetapi, anggrek hitam kini sulit dimiliki karena keberadaannya yang mulai langka

Anggrek Monyet

Anggrek monyet adalah salah satu jenis anggrek yang bunganya mirip dengan wajah monyet. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Dracula simia yang dinamai oleh seorang ahli botani Luer pada tahun 1978. Anggrek monyet tumbuh di ketinggian 1000-2000 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 27 derajat Celcius dan kelembaban 80-90%.

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) atau puspa pesona adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Anggrek bulan banyak digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia karena kecantikannya. Selain itu Anggrek jenis ini tergolong mudah dalam perawatannya, cukup dengan menempel dengan batang pohon lain, maka ia pun bisa tumbuh baik.

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum) dikenal karena memiliki corak yang sangat unik menyerupai corak pada tubuh harimau. Didominasi dengan warna oranye, hijau, dan warna kekuningan. Di habitat aslinya, tanaman ini bisa tumbuh besar mencapai 3 meter dengan berat mencapai 1 ton. maka tidak heran bila anggrek ini menyandang gelar Anggrek Terbesar di Dunia.

Anggrek Saprofit

Anggrek saprofit adalah anggrek yang tumbuh pada tempat-tempat yang mengandung humus yang tebal maupun sisa-sisa daun kering. Dengan warna bunganya yang berwarna ungu cerah, mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Cara merawatnya juga tidak terlalu sulit, tanaman ini bisa hidup meski minim paparan sinar matahari karena tidak memiliki daun dan klorofil.

Anggrek Terestrial

Anggrek terestrial merupakan jenis anggrek yang hanya dapat tumbuh di permukaan tanah sehingga sering disebut anggrek tanah. Warna ungunya yang khas dengan corak bintik yang dimilikinya membuat tanaman hias ini semakin cantik. Cara merawatnya juga sangat mudah, cukup dengan memberikan nutrisi dan air yang cukup serta paparan sinar matahari langsung.

Itulah jenis-jenis dari jenis anggrek tercantik dan paling terkenal, bagaimana? Apa kamu tertarik? (gmb/pa)