Komisi II DPR RI Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan KPU dan Bawaslu

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan Komisi II DPR RI mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan untuk 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI masa jabatan 2022-2027. Hal tersebut disampaikannya saat memimpin sidang Komisi II di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini (14/2/2022).

"Maksimal 15 menit setiap calon anggota," kata Ahmad Doli Kurnia.

Ia mengatakan, sesuai jadwal, uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan pada tanggal 14-15 Februari 2022. Setiap calon anggota dijadwalkan maksimal 1 jam untuk pemaparan visi dan misi serta pendalaman oleh anggota Komisi II DPR RI.

Pada hari ini, pertama uji kelayakan dan kepatutan dijadwalkan untuk enam calon anggota KPU, yakni August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, dan Iwan Rompo Banne. Mereka akan memaparkan visi dan misi.

Sementara itu, August Mellaz dengan latar belakang direktur eksekutif sindikasi pemilu dan demokrasi memaparkan visi dan misi dengan tema mewujudkan integritas penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selanjutnya, Betty Epsilon Idroos dengan latar belakang Ketua KPU DKI Jakarta memaparkan visi dan misi menghadapi potensi krisis pemilu dan pemilihan pada tahun 2024.

Sebelumnya, Komisi II DPR meminta masyarakat untuk memberikan masukan sebelum pelaksanaan uji kelayakan dan kepatuhan calon anggota KPU dan Bawaslu RI.(ant/ar)