KSP Sebut Pemerintah Upayakan Payung Hukum Adaptif Bagi Pengguna Telemedisin

Ilustasi konsultasi dokter melalui media online
Ilustasi konsultasi dokter melalui media online

Gemapos.ID (Jakarta) - Deputi II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan, menekankan KSP siap mendukung Kementerian Kesehatan dan kementerian/lembaga lain dalam menjawab kebutuhan regulasi bagi layanan telemedisin dan memastikan tidak ada celah regulasi yang merugikan.

Dalam siaran pers di Jakarta, hari ini (14/2/2022), Abetnego mengatakan bahwa pemerintah tengah berupaya untuk menyediakan payung hukum yang adaptif bagi para pengguna platform telemedisin.

“Kebutuhan perlindungan hukum akan semakin tinggi seiring dengan penggunaan telemedisin itu sendiri. Jika nanti ada kasus etik, malpraktik, fraud, moral hazard dan semacamnya baik dari sisi pasien atau pun dokter, kita sudah siap untuk mengatasinya. Ini masih jadi PR pemerintah juga untuk mempelajari lebih detil, potensi-potensi masalah yang akan terjadi,” kata Abetnego.

Ia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan perhatian besar terhadap perkembangan telemedisin yang menjadi pivot penting dalam pelayanan kesehatan, khususnya terkait COVID-19.

“Pemerintah akan membuat smart regulation dalam mengimbangi perkembangan teknologi dan inovasi yang begitu cepat. Pelayanan kesehatan melalui telemedisin pada dasarnya berbasis internet dan harus memiliki regulasi yang baik. Untuk itu, harus didukung dengan ketersediaan infrastruktur dasar yang memadai,” jelasnya.

Sementara itu, ia mengatakan penyelenggaraan telemedisin tertuang dalam Permenkes 20/2019 dan Kepmenkes 01.07 tahun 2021. KSP sendiri menilai masih terdapat celah regulasi yang seharusnya bisa direspon untuk memastikan agar pelayanan telemedisin dapat berjalan lebih optimal.

Ia menyebutkan, beberapa celah regulasi tersebut mencakup jaminan perlindungan data privat, kerahasiaan rekam medis yang terintegrasi antar fasilitas kesehatan (faskes), dan perlindungan hukum, khususnya bagi tenaga medis yang memberikan pelayanan.

Sejalan dengan hal tersebut, perwakilan Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Rico Mardiansyah dalam acara webinar bersama The United Nations Development Programme (UNDP), Sabtu (12/2/2022), juga menekankan pentingnya regulasi terkait penyelenggaraan telemedisin

Menurutnya, terlebih lagi, kebutuhan harmonisasi kebijakan juga perlu segera dilakukan untuk mengisi kekosongan hukum yang ada saat ini.

“Perlindungan hukum dan kepastian hukum bagi tenaga kesehatan penyelenggara tenaga kesehatan perlu didorong agar pemberian pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dapat tercapai. Hukum itu sendiri harus dinamis menjawab modernisasi pelayanan kesehatan,” kata Rico. (ant/ra)