Dukung Keamanan MotoGP di Mandalika, 3 Kapal Polri Siaga di Perairan Lombok

Ilustrasi kapal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia bersiaga di perairan Pulau Lombok
Ilustrasi kapal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia bersiaga di perairan Pulau Lombok

Gemapos.ID (Jakarta) - Guna mendukung keamanan perhelatan balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, tiga kapal berukuran besar kiriman dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia kini bersiaga di kawasan perairan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal tersebut disapaikan oleh Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Artanto di Mataram, hari ini (11/2/2022).

"Jadi, tiga kapal besar dari Mabes Polri yang berada di bawah kendali Korps Polairud ini tiba di Lombok untuk membantu pengamanan MotoGP di kawasan perairan," kata Artanto.

Ia menjelasakan bahwa selain tiga sarana pendukung, ada pula keamanan unit helikopter AW-169 yang secara rutin melakukan patroli udara, khususnya di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika.

Meskipun MotoGP kini masih masuk dalam tahapan tes pra-musim, tetapi Artanto memastikan bahwa pihaknya telah membangun koordinasi dengan otoritas pengamanan lainnya, baik itu dengan TNI AL, TNI AU, ASDP, KSOP, Basarnas, dan juga Angkasa Pura.

Ia menjelasakan, b ahkan sebagai bentuk kematangan koordinasi pengamanan, Polri bersama otoritas pengamanan lainnya kerap melakukan rapat terbatas hingga melaksanakan simulasi pengamanan di kawasan perairan.

Karenanya, perihal permasalahan yang berkaitan dengan keamanan atau yang dapat mengganggu jalannya perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, dia memastikan hal itu sudah masuk dalam catatan antisipasi pengamanan.

"Giat pemantauan dan pengawalan, pada intinya sudah didukung dengan jumlah personel yang cukup besar, belum lagi ditambah dengan sarana pendukung keamanan lainnya, kami rasa itu jadi bagian dari upaya bersama untuk menyukseskan acara," katanya.(ant/pa)