PLN Lakukan Pengamanan Berlapis Demi Kelancaran MotoGP di Mandalika

PLN saat melakukakan persiapan pasokan listrik untuk melancarkan MotoGP di Mandalika
PLN saat melakukakan persiapan pasokan listrik untuk melancarkan MotoGP di Mandalika

Gemapos.ID (Jakarta) - Untuk menjaga keandalan pasokan listrik saat rangkaian ajang olahraga balap motor internasional MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. PT PLN (Persero) akan menerapkan skema pengamanan berlapis.

Dalam keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, pada hari ini (11/2/2022),  Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Adi Priyanto mengatakan pihaknya memberikan layanan listrik tanpa kedip untuk kelancaran balapan tersebut.

"Skema suplai listrik dengan sistem berlapis hingga N-3 juga telah diuji coba untuk kelancaran tes pramusim MotoGP," ujarnya.

Adi mengatakan, skema berlapis N-3 merupakan konfigurasi yang juga digunakan dalam ajang World Superbike yang digelar pada November 2021 lalu.

Ia menjamin skema pengamanan berlapis ini akan membuat jaringan kelistrikan di Sirkuit Mandalika andal dan tidak akan terjadi gangguan.

Sementara itu, diketahui bahwa suplai listrik utama selama ajang tersebut berasal dari sistem kelistrikan Lombok. PLN juga menyiapkan uninterruptible power system (UPS) dan genset sebagai cadangan pasokan listrik apabila terjadi gangguan. Tak hanya itu, perseroan juga telah mendatangkan UPS dari luar Pulau Sumbawa, yaitu dari Papua, Nusa Tenggara Timur, Surabaya, dan Jakarta.

Selain itu, untuk menunjang kelistrikan di Sirkuit Mandalika, sebanyak 18 unit genset berkapasitas total 6.700 kVA, 17 unit UPS kapasitas total 2.070 kVA, dan 6 unit gardu bergerak kapasitas total 4.330 kVA telah siap.

“Harapannya, tentu saja PLN bisa menyuplai seluruh venue dengan baik, sehingga event internasional yang akan berlangsung baik pramusim maupun MotoGP dapat berjalan dengan baik," kata Adi.

PLN juga terus berkoordinasi dengan stakeholder demi memberikan layanan listrik terbaik untuk MotoGP.

Selain menyiapkan sistem kelistrikan di sirkuit, PLN juga menyiapkan sarana pendukung lainnya, seperti hotel, penginapan, rumah tinggal, dan masih banyak lagi.(ant/ra)