Cara Membedakan Kambing dan Domba, Bagaimana?

Gemapos.ID (Jakarta) - Sekilas, kambing dan domba sering dilihat sebagai dua hewan yang sama. Padahal, keduanya sebenarnya sangat berbeda. Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis hewan drh. Pilar Patria.

Drh. Pilar mengatakan hal ini bisa dilihat dari ilmu tentang penamaan makhluk hidup dari kingdom hingga yang terakhir adalah spesies atau jenis dari hewan tersebut. Perbedaan kambing dan domba terletak pada Genus.

"Jadi sama saja seperti sapi dan kerbau, dua makhluk yang berbeda," ujarnya.

Kemudian yang membedakan kambing dengan domba adalah jumlah kromosom. Dimana kambing memiliki 60 kromosom sedangkan domba hanya memiliki 54 kromosom. Perbedaan kromosom ini mengakibatkan keturunannya tidak bisa bereproduksi apabila kambing dan domba dikawinkan.

Hal lain yang membedakan kambing dan domba adalah bentuk fisiknya, mulai dari bulu, bentuk telinga, bentuk ekor, bentuk bibir, dan bentuk tanduk. Selain itu, cara makan kambing dan domba juga berbeda. Kambing makan dengan kepala keatas sedangkan domba dengan cara menunduk. Hal ini juga yang menjadi ciri jenbis makanan apa yang mereka makan.

"Makanya kalau ada kambing lepas yang habis biasanya adalah tanaman, bukan rumputnya." kata drh. Pilar

Cara hidup kambing dan domba pun berbeda. Domba lebih senang hidup berkelompok namun sebaliknya, kambing adalah binatang individu atau suka menyendiri. (an)