Tips dan Trik Cara Menabung Dengan Cepat

Ilustrasi celengen koin
Ilustrasi celengen koin

Gemapos.ID (Jakarta) - Menabung adalah menyisihkan sebagian pendapatan dan menyimpannya sebagai dana cadangan. Dana cadangan tersebut dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Namun, beberapa orang mungkin membutuhkan tips menabung yang akurat agar bisa tetap konsisten dalam hal ini.

Berikut adalah beberapa tips dan trik cara menabung dengan cepat agar uangnya bisa segera terkumpul dan tidak mudah tergoda untuk menjadi lebih boros.

1. Tetapkan tujuan menabung 

Pertama, tentukan lebih dulu apa tujuan Anda menabung. Apakah untuk memiliki dana cadangan atau ingin membeli barang tertentu atau malah untuk digunakan sebagai investasi? Pastikan tujuan Anda jelas dan tidak beririsan dengan tujuan lain. Bila perlu. 

2. Tentukan Batas Waktu dan Jumlahnya

Tips menabung berikutnya adalah dengan menentukan batas waktu dan jumlah dananya. Misalkan, Anda ingin membeli buku terbaru seharga Rp 500.000. maka tentukan batasan waktu menabung sesuai dengan kemampuan menabung. Seimbangkan dengan kebutuhan sehari-hari.

3. Membuat anggaran 

Melansir dari buku Jangan Biarkan Gaji Numpang Lewat, John Afifi, yang dimaksud anggaran adalah pengalokasian dana berdasarkan kebutuhan Anda. Misalkan, dalam satu bulan Anda perlu menyisihkan dana untuk transportasi, makan, dan menabung. Dari pendapatan sebulan sebesar Rp500.000, pisahkan dana Anda seperti berikut:

Prinsipnya adalah menghitung keperluan primer dan sehari-hari terlebih dulu, baru kemudian menyisakan dana untuk menabung. 

4. Gunakan rekening terpisah

Jika memang dibutuhkan, Anda dapat memisahkan antara rekening khusus tabungan dan rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk menghitung berapa sisa dana yang bisa Anda gunakan di luar dana tabungan.

5. Jangan berutang

Utang adalah cara cerdas untuk mengubur kesehatan keuangan Anda. Maka dari itu, menabunglah agar memiliki dana cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Pilihlah opsi utang jika memang benar-benar terdesak. 

6. Batasi jumlah uang di dompet digital

Cara menabung dengan cepat yang terakhir adalah dengan membatasi nominal uang yang tersimpan di dompet digital Anda. Sebab, dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan dompet digital, terkadang seseorang bisa lupa diri dan berbelanja di luar anggaran.

Itulah tips dan trik cara menabung dengan cepat, selamat mencoba.(kmp/ra)