Presiden Jokowi Resmikan Jalan "Bypass" Balige di Toba

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Bypass Balige, di Kabupaten Toba
Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Bypass Balige, di Kabupaten Toba

Gemapos.ID (Jakarta) - Awali rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Sumatera Utara,hari ini (2/2/22), Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Bypass Balige, di Kabupaten Toba.

Hal ini disampikan oleh Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu, peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Negara.

Sementara itu Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan bahwa pembangunan Jalan Bypass Balige secara bertahap sejak 5 tahun lalu dan menelan biaya Rp176 miliar.

Jalan tersebut dibangun untuk cegah terjadinya kemacetan yang terjadi di Kota Balige dan sekitarnya.

"Jadi, ini jalan untuk mencegah terjadinya kemacetan di Balige, jadi sifatnya lingkar bypass sehingga traffic yang sifatnya go through tidak akan ke Balige, itu bisa melalui jalan lingkar ini," kata Hedy.

Ia juga berharap jalan sepanjang 9,8 km tersebut juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan meningkatnya kelancaran transportasi serta aksesibilitas bagi kawasan di sekitar Kota Balige.

"Ini akan memperbaiki, meningkatkan aksesibilitas untuk kawasan-kawasan di sekitar Balige. Jadi, ini juga akan membentuk ruang pengembangan Kota Balige ke depan," katanya.

Saat ini, dikatakan bahwa manfaat tersebut dirasakan oleh masyarakat sekitar seperti Rohana Simanjuntak. Rohana sebagai pengguna Jalan Bypass Balige ini mengaku keberadaan jalan tersebut dapat mempersingkat waktu tempuhnya dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

"Sebelumnya saya harus melalui kota, makan waktu terus karena kepadatan juga di sana cenderung macet jadi karena sudah ada jalan bypass ini sangat membantu kira-kira 15 menitlah waktu saya sangat tertolong," kata dia.

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi atas keberadaan Jalan Bypass Balige. Diharapkan pula jalan bypass tersebut dapat dipelihara dengan baik sehingga bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu yang panjang.

"Terima kasih buat Pak Jokowi buat programnya ada jalan bypass di sini, saya pribadi sangat tertolong, masyarakat sekitar sini juga sangat tertolong, banyak manfaatnya," kata Rohana.

Selain itu, dalam peresmian tersebut, turut hadir, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Toba Poltak Sitorus.(ant/ap)