Siapa Capres 2024 Pilihan Warga Nahdlatul Ulama?

Gemapos.ID (Jakarta) - Riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) menemukan sejumlah nama calon presiden 2024 yang menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Mereka adalah Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo.

"Kemunculan Erick Thohir masuk tiga besar survei, bisa dibaca bahwa pendekatannya kepada komunitas NU cukup efektif," kata Direktur Ekskutif CSIIS, Moh Sholeh Basyari di Jakarta, pada Selasa (25/1/2022).

Di Jawa Tengah terdapat nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Erick Thohir dan di Jawa Barat terdapat nama Ridwan Kamil, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Di Banten nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, serta di Lampung terdapat nama Erick Thohir, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Kemunculan Yenny Wahid mengalahkan politisi NU kawakan dan senior sekelas Muhaimain Iskandar dan Saifullah Yusuf dinilai sebagai respon warga NU atas kebijakan ketua umum PB NU, Gus Yahya, yang ingin menghidupkan Gus Dur.

Sementara itu jajak pendapat dilakukan CSIIS berlangsung di Probolinggo, Pasuruan, Malang. Yogyakarta, Rembang, Magelang, Tasikmalaya, Cirebon, Pandeglang dan Lampung Tengah pada 7 Januari 2022.

Data Survei diambil dengan wawancara mendalam secara tidak langsung, yakni responden tidak mengetahui dia sedang diambil datanya.

Responden merupakan santri dari pondok pesantren yang selesai menunaikan sholat Jumat. Model ini adalah adaptasi dari exit poll. Exit poll data diambil dari pemiih setelah keluar dari bilik suara. 

Exit prayer adalah data diambil setelah responden keluar dari masjid setelah selesai sholat Jumat. (ant/din)