Chappy Hakim Menekankan Pentingnya Pengembangan Satelit Komunikasi Pertahanan Untuk Keamanan Nasional

Chairman of Indonesia Center for Air Power Studies Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim
Chairman of Indonesia Center for Air Power Studies Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim

Gemapos.ID (Jakarta) - Chairman of Indonesia Center for Air Power Studies Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim menekankan pentingnya Indonesia mengembangkan satelit komunikasi pertahanan untuk menjaga keamanan nasional, khususnya dari ancaman siber.

Hal tersebut disampaikannya dalam seminar nasional ketika memberi pengantar dalam seminar bertajuk “Mencermati Sistem Komunikasi Pertahanan” yang diselenggarakan di platform Zoom Meeting, hari ini (23/1/22).

Chappy menegaskan bahwa kemajuan teknologi satelit komunikasi pertahanan dapat menjamin komunikasi antara instansi terkait pengelolaan keamanan dan pemerintahan suatu negara, termasuk mencegah terjadinya data-data pribadi yang bocor.

“Data-data kita di pemerintah daerah, di perbankan, dan lain sebagainya banyak sekali sudah mulai muncul penyalahgunaan yang dapat merugikan tidak hanya pribadi, tetapi juga keamanan nasional,” kata Chappy.

Ia melanjutkan, dunia siber, telah menjadi wilayah keamanan kelima setelah darat, air, udara, dan ruang angkasa. Perkembangan wilayah siber memiliki kaitan yang sangat erat dengan satelit komunikasi pertahanan.

Apalagi, dalam dua dekade belakangan ini, para analis mengatakan sedang terjadi pergeseran pertumbuhan perekonomian global.

“Yang semula dari Atlantik, sekarang ke Indian and Pacific Ocean. Di wilayah Pasifik ini, Indonesia berada di dalam posisi yang sangat strategis sekali,” kata dia.

Sementara itu, salah satu aspek primadona dalam pertumbuhan ekonomi adalah sistem transportasi udara dan sistem komunikasi luar angkasa. Dalam hal ini, Indonesia sebagai negara yang terletak di sepanjang garis khatulistiwa memiliki letak geografis yang sangat strategis untuk meluncurkan satelit.

Karena itu, mengembangkan satelit komunikasi pertahanan dapat menguatkan posisi strategis Indonesia, khususnya dalam peran kedirgantaraan di mata dunia.

“Satelit komunikasi pertahanan merupakan bagian dari kemajuan teknologi dirgantara yang sangat amat cepat. Indonesia sebagai sebuah negara yang sangat strategis letaknya tentu saja memegang peranan yang sangat penting di dalam kedirgantaraan,” kata Chappy.(ant/ar)