Yuk, Simak Berikut 5 Manfaat Daun Kelor yang Wajib Dicoba

Ilustrasi tanaman kelor
Ilustrasi tanaman kelor

Gemapos.ID (Jakarta) - Produk dari pohon kelor memiliki banyak kegunaan. Salah satunya yaitu daunnya, daun kelor banyak kaya akan nutrisi, bahkan melebihi wortel, jeruk, dan susu dalam nilai gizi.

Daun kelor atau Moringa oleifera  yaitu salah satu tanaman yang memiliki segudang khasiat untuk tubuh. Biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan.

Selain itu, jangan khawatir untuk mengonsumsinya, karena daun kelor tidak memiliki efek samping. Jadi manfaat apa saja yang baik untuk tubuh?

Penasaran? Yuk, simak berikut lima manfaat daun kelor yang wajib dicoba.

1. Kaya akan vitamin dan mineral

Daun kelor kaya akan vitamin A, C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 dan Folat. Serta kaya akan magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan seng.

Satu cangkir daun kelor mengandung 2 gram protein dan magnesium, Vitamin B6, Besi, Riboflavin, dan Vitamin A.

2. Kaya akan asam amino

Daun kelor kaya akan asam amino, bahan penyusun 18 jenis asam amino ditemukan di dalamnya, masing-masing memberikan kontribusi penting bagi kesehatan tubuh.

3. Melawan peradangan

Peradangan adalah proses bagaimana tubuh secara alami merespon rasa sakit dan cedera. Daun kelor bersifat anti-inflamasi karena adanya isothiocyanates. Ketika mengalami cedera atau infeksi, tubuh mengalami peningkatan peradangan.

Peradangan jangka panjang menyebabkan masalah kesehatan kronis. Untuk itu, konsumsi daun kelor membantu mengurangi peradangan.

4 Kaya akan antioksidan

Daun kelor memiliki sifat antioksidatif dan melindungi terhadap efek merusak dari radikal bebas yang ada di lingkungan.

Kerusakan yang disebabkan radikal bebas menyebabkan banyak penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, masalah jantung, dan Alzheimer.

Daun kelor kaya akan vitamin C dan beta-karoten yang bertindak melawan radikal bebas. Juga memiliki Quercetin, yaitu antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah.

Antioksidan lain yang ada dalam daun kelor adalah asam klorogenik yang membantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

5. Menurunkan kadar gula darah

Daun kelor adalah sumber yang sempurna untuk menurunkan kadar gula darah, karena dapat menstabilkan kadar gula darah dengan adanya isothiocyanates.

Nah itulah, lima manfaat yang baik untuk tubuh jika mengonsumsi daun kelor, bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? (hlt/ar)