Jenderal Andika: Nama Pangkostrad Akan Diumumkan Malam Ini

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Gemapos.ID (Jakarta) - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, nama yang akan menempati posisi Pangkostrad rencananya diumumkan malam ini.

"Mudah-mudahan nanti malam. Paling lambat weekend ini," kata Andika di Gedung MA, Jakarta Pusat, hari ini (21/1/2022).

Meskipun sudah mengantongi siapa yang akan menjabat sebagai Pangkostrad, Andika masih enggan menyebutkan siapa sosok tersebut. Dia hanya memastikan nama tersebut sudah ada dan siap diumumkan ke publik.

"Sudah," kata Andika.

Sebelumnya, Posisi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) sudah dua bulan kosong sejak Jenderal TNI Dudung Abdurachman, diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 17 Nopember 2021.

Selain itu, Jokowi pun sempat membahas hal yang sama dalam acara Pertemuan Presiden dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional di Istana Negara, pada Rabu (19/1/22).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menyetujui nama Pangkostrad baru.

"Namanya sudah ada, silakan tanya ke Panglima TNI," kata Jokowi.

Jokowi menolak menyebut nama Pangkostrad baru itu karena akan diumumkan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sebelumnya ada beberapa nama-nama yang muncul menjadi pembicaraan di public, mulai dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto, Pangdam XI/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa hingga Pangdam Mulawarman Mayjen Teguh Pujo Rumekso.(mdk/ap)