Berikut Penilaian Pengamat atas Tiga Capres 2024

Tokoh-tokoh publik yang mau maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa mengenalkan dirinya mulai 2022.
Tokoh-tokoh publik yang mau maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa mengenalkan dirinya mulai 2022.

Gemapos.ID (Jakarta) - Tokoh-tokoh publik yang mau maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa mengenalkan dirinya mulai 2022. Sejumlah tokoh yang dimaksud seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil.

"Pengenalan identitas yang khas bisa menjadi modal kuat,” kata Direktur Republic Institute Sufiyanto di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (18/1/2022).

Sebelumnya, baliho-baliho Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) terpasang di beberapa titik di Jatim, seperti Surabaya, Jombang, dan Kediri. Dia berniat berkunjung ke Jatim selama dua hari di empat daerah di Jatim.

Langkah yang dilakukan RK wajar lantaran Jatim sebagai wilayah strategis sebagai pendukung cukup besar untuk mendulang suara pemilih. Dinamika politik di Jatim juga terus berkembang mendorong sejumlah tokoh politik berusaha menguasainya untuk memenangkan kontestasi.

Pada kesempatan terpisah, Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo menilai langkah RK sudah termasuk marketing politic. Pasalnya, dia mempromosikan diri sebagai sosok yang mengajak Indonesia menuju juara. 

"Tujuannya tentu untuk pengenalan dan menarik perhatian atau simpati masyarakat," ucapnya.

Tiga tokoh kerap ke Jatim untuk meraih simpati masyarakat. Mereka berupaya memperebutkan suara, tapi di Jatim juga belum muncul tokoh yang menonjolkan diri sebagai peserta kontestasi politik pada Pilpres 2024. (ant/moc)