Setelah Olahraga, Sebaiknya Mandi Air Dingin Atau Air Hangat?

Ilustrasi air hangat untuk mandi
Ilustrasi air hangat untuk mandi

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebagian orang memilih mandi menggunakan air dingin dan sebagian lain dengan air hangat usai berolahraga dan masing-masing mengklaim cara ini terbaik untuk tubuh yang kelelahan.

Mana yang lebih baik? Atau bisa keduanya?

Sebenarnya mandi air dingin ataupun air hangat setelah berolahraga tidak menjadi masalah, karena keduanya memiliki manfaat masing-masing. Berikut manfaat mandi air dingin dan air hangat yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Air dingin

Mandi air dingin setelah berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan otot dan sendi. Selain itu mandi dengan air dingin dapat memperlancar aliran darah, menguatkan otot dan persendian sehingga dapat mengurangi rasa sakit seperti cedera.

Sebuah studi tahun 2015, dikutip dari Puregym, menemukan bahwa mandi dengan air dingin lebih efektif daripada air hangat dalam menghilangkan DOMS (delayed onset muscle soreness) atau nyeri otot dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Air hangat

Mandi air hangat setelah olahraga dapat memberikan manfaat meningkatkan produksi hormon dan merilekskan otot dan sendi, sehingga dapat mengurangi stres.

Air hangat akan meningkatkan pemulihan otot dan persendian untuk menghilangkan semua penumpukan sel-sel inflamasi (peradangan), sel-sel mati, penumpukan jaringan parut, dan untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Memutukan mandi air dingin dan air hangat menjadi pilihan Anda, karena keduanya tidak memberikan efek berbahaya bagi kesehatan. Usahakan untuk membersihkan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki untuk menghilangkan bakteri yang ada di tubuh setelah melakukan olahraga.

Rendy Dijaya Muliadi dari Health and Nutrition Science di Nutrifood Center mengingatkan, agar mengambil jeda antara mandi setelah berolahraga, agar tubuh tidak kaget karena perubahan suhu yang mendadak. Jadi, usai berolahraga tunggulah beberapa sebelum mengguyur air tubuh Anda. (hlt/ri)