Kementerian BUMN Masih Mengkaji Terkait Rencana Pembubaran PLN Batubara

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga

Gemapos.ID (Jakarta) - Terkait rencana pembubaran anak usaha PT PLN (Persero) yaitu PLN Batubara, Kementerian BUMN masih mengkaji secara teknis.

Hal ini, di sampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Ia juga mengatakan kajian teknis itu untuk menghitung aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

"Kami lagi kaji secara teknis untuk pembubarannya karena kami perlu menghitung asetnya seberapa banyak, nanti dari sana baru kami ambil langkah untuk pembubarannya," katanya hari ini (14/1/22).

Arya menjelaskan, alasan kuat rencana pembubaran PLN Batubara untuk efisiensi, karena selama ini batu bara yang dibeli oleh PLN bersumber dari anak usahanya sendiri PLN Batubara. Artinya, anak perusahaan PLN ini membeli material dari produsen batu bara, lalu menjualnya kembali kepada PLN.

"Ini kan tetap saja mau enggak mau PLN Batubara ambil margin juga, jadi kami mau efisiensi yang akan dilakukan dengan cara ini," kata Arya.

Lebih lanjut Arya mengungkapkan, Kementerian BUMN saat ini telah melakukan banyak efisiensi melalui pembubaran anak usaha yang menghambat proses bisnis induknya.

"Nanti pemilik-pemilik batu bara langsung ke PLN enggak lagi pakai di tengah-tengah PLN Batubara, ini efisiensi dari kami," katanya.

Sementara itu, pemerintah juga melakukan audit guna mengetahui permainan yang selama ini terjadi di tubuh anak usaha BUMN.

"Kita tunggu saja yang pasti kami akan selalu transparan untuk itu," kata Arya.(ant/ar)